Detik-detik Longsor Timbun Warga dan Rusak Rumah di Bogor

M. Sholihin - detikNews
Rabu, 13 Mei 2020 17:16 WIB
Longsor menerjang Desa Wangun Jaya, Kecamatan Leuwisadeng, Kabupaten Bogor. Sebanyak 14 rumah rusak dan 1 orang dikabarkan meninggal akibat bencana tersebut.
Rumah yang rusak diterjang longsor. (M Sholihin/detikcom)
Kabupaten Bogor -

Longsor menerjang Kampung Srugul, Desa Wangun Jaya, Kecamatan Leuwisadeng, Kabupaten Bogor, Rabu (13/5/2020) dini hari. Dalam kejadian tersebut, seorang warga meninggal akibat tertimbun dan 14 rumah mengalami kerusakan.

Warga menyebut sempat terjadi tiga kali longsor sebelum 14 rumah di Kampung Srugul tertimbun tanah. Warga juga sempat menceritakan detik-detik bagaimana longsor menerjang kampung mereka.

Ahmad Yusuf (34), warga setempat, menceritakan longsor pertama terjadi pada pukul 01.00 WIB. Saat itu, hujan masih mengguyur Kampung Srugul. Pada longsoran pertama, warga sempat mengungsi ke beberapa rumah saudara di sekitar Kampung Srugul. Namun, karena dianggap aman, warga kembali ke rumah masing-masing untuk bersantap sahur.

"Pas longsor pertama, itu longsoran masih kecil. Rumah saya juga masih utuh, makanya adik dan tetangga saya banyak yang pulang lagi ke rumah, mau sahur, kan," kata Yusuf.

Longsor menerjang Desa Wangun Jaya, Kecamatan Leuwisadeng, Kabupaten Bogor. Sebanyak 14 rumah rusak dan 1 orang dikabarkan meninggal akibat bencana tersebut.Longsor menerjang Desa Wangun Jaya, Kecamatan Leuwisadeng, Kabupaten Bogor. Sebanyak 14 rumah rusak dan 1 orang dikabarkan meninggal akibat bencana tersebut. (M Sholihin/detikcom)

Longsor kedua menerjang saat beberapa warga tengah bersantap sahur. Longsor kedua itulah yang kemudian menerjang dan meruntuhkan rumah Syamsu.

"Nah, pas longsor kedua itu, rumah Syamsu tertimbun. Syamsu juga ikut ketimbun di dalam rumah," ujar Yusuf.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2