3 Dokumen yang Wajib Dibawa Penumpang di Bandara Husein Sastranegara

Yudha Maulana - detikNews
Selasa, 12 Mei 2020 18:55 WIB
Penumpang di Bandara Husein Sastranegara
Penumpang menjalani pemeriksaan oleh petugas di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung. (Foto: istimewa)
Bandung -

Manajemen Bandara Husein Sastranegara Bandung menerapkan prosedur ketat bagi setiap penumpang yang hendak berpergian. Ada tiga dokumen yang wajib dikantongi penumpang agar bisa diberikan izin terbang di masa pandemi Corona atau COVID-19.

Mengacu pada Permenhub Nomor 25 dan Surat Edaran Nomor 32 Tahun 2020 dari Dirjen Perhubungan Udara, ada tiga dokumen yang wajib dimiliki penumpang. Pertama adalah tiket keberangkatan, kemudian yang kedua adalah surat alasan keterangan perjalanan. Khusus untuk ASN, surat keterangan perjalanan itu harus dibubuhi tanda tangan pejabat eselon 2 dari dinas yang menugaskan.

"Apabila swasta dari atasan langsung dari perseroan atau dinas, kalau di luar ASN atau kerja swasta harus dapat keterangan dari Pemerintah setempat setingkat lurah atau camat pasti bukan alasan untuk mudik," kata Plt Executive General Manager Kantor Cabang Bandara Husein Sastranegara Bandung R. Iwan Winaya Mahdar dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Selasa (12/5/2020).

Dokumen yang ketiga adalah surat keterangan sehat bebas COVID-19. Surat tersebut harus lengkap dan ditunjukkan di Posko Pengendalian Percepatan Penanganan COVID-19 yang bertugas di Bandara yang terdiri dari TNI AU, Tim Kantor Kesehatan Pelabuhan, Avsec, dan Tim Gugus Tugas Covid 19 Kota Bandung.

"Apabila dokumen yang dipersyaratkan tidak lengkap, maka akan disuruh kembali. Jadi tiga dokumen ini bersifat mandatori," kata Iwan.