Melaut Saat Gelombang Tinggi, Nelayan Sukabumi Tewas Terpeleset

Syahdan Alamsyah - detikNews
Senin, 11 Mei 2020 12:13 WIB
Kapal penangkap ikan yang mengangkut nelayan tewas di Sukabumi
Kapal penangkap ikan yang mengangkut nelayan tewas di Sukabumi (Foto: Istimewa)
Sukabumi -

Nelayan R (35), tewas saat melaut di Perairan Ujung Gengeng usai terpeleset dari atas perahu. Pria itu diketahui nekat melaut di tengah gelombang tinggi.

Informasi yang diperoleh detikcom, korban diketahui sebagai Anak Buah Kapal (ABK) Kapal Motor Laksana 02. Kapal tersebut tengah beroperasi mengambil ikan.

"Kami dapat laporan sekitar pukul 02.30 WIB, korban tengah membuang pancing lalu terpeleset lalu kepalanya terbentur dan meninggal dunia. Saat kejadian cuaca hujan dan gelombang tinggi," kata Ketua Rukun Nelayan Ujung Genteng, Asep JK, Senin (11/5/2020).

Kapal yang mengangkut korban memang diketahui sebagai kapal pancing jenis diesel yang tengah mencari ikan layur. Korban tengah melaut bersama tiga ABK lainnya Budi (45) juga Ujang (40) serta seorang Nakhoda bernama Ubad.

Korban saat itu berhasil dievakuasi ke darat setelah kapal motor tersebut berbalik putar arah ke titik keberangkatan. Tiba di rumah duka keluarga bersepakat untuk melakukan visum terhadap korban, dan langsung dikebumikan.

"Keluarga korban menerima dengan ikhlas musibah tersebut, sudah ada kesepakatan keluarga dengan pihak pemilik perahu, korban langsung dikuburkan," tandas Asep JK.

(sya/mud)