Pilu Paramedis Corona di Cianjur, Gadai Barang Gegara Insentif Belum Dibayar

Ismet Selamet - detikNews
Jumat, 08 Mei 2020 14:28 WIB
Poster
Ilustrasi paramedis. (ilustrasi: Edi Wahyono)

Dia berharap paramedis yang menangani pasien terindikasi ataupun positif COVID-19 lebih diperhatikan. Mulai dari pemenuhan insentif, rumah singgah, dan APD.

"Apalagi kota ini rentan, sangat berisiko. Istilahnya sudah tidak mementingkan kondisi mau gimana, yang penting pasien bisa sembuh. Tapi kami harap juga diperhatikan serius oleh pemerintah," tuturnya.

Plt Bupati Cianjur Herman Suherman berjanji segera memberikan insentif kepada paramedis. Namun, kata dia, untuk besarannya disesuaikan dengan kemampuan anggaran di daerah.

"Jadi tidak seperti yang diungkapkan pusat untuk besarannya, khusus di daerah disesuaikan dengan kemampuan daerah. Belum tahu untuk nilai pastinya, yang jelas ada dan segera cair," kata Herman.

Soal rumah singgah bagi tenaga medis, pihaknya akan memanggilnya Dinas Kesehatan untuk segera menyiapkan. Termasuk kebutuhan APD paramedis.

"Segera saya panggil agar bisa cepat disiapkan rumah singgah yang nyaman dan sesuai standar keamanan COVID-19. APD pasti akan dipenuhi, selain dari pengadaan melalui dana COVID-19 juga dari donatur," tutur Herman.

Halaman

(bbn/bbn)