Kala Anggota TNI di Garut Tolong ODGJ yang Melahirkan di Pinggir Jalan

Hakim Ghani - detikNews
Senin, 04 Mei 2020 03:13 WIB
Anggota TNI bantu ODGJ melahirkan
Kerumunan warga di sekitar lokasi ODGJ yang melahirkan di pinggir jalan (Foto: Istimewa).
Garut -

Seorang wanita diduga orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) bikin heboh warga Garut gegara melahirkan di pinggir jalan pusat kota. Anggota TNI membantunya melahirkan dengan selamat.

Kejadian tersebut berlangsung Minggu (3/5) malam tadi di kawasan Pengkolan Garut atau tepatnya Jalan Ahmad Yani Timur, Kecamatan Garut Kota dekat Perempatan Asia.

Dandim 0611/Garut Letkol Infanteri Erwin Agung mengatakan, prajuritnya yang tengah piket di Mako Koramil 1101/Garut Kota menerima adanya informasi kerumunan warga di lokasi.

"Ini bermula saat anggota kami menerima informasi adanya kerumunan warga di pusat kota. Tadinya, anggota kami langsung bergerak ke lokasi untuk memberikan imbauan tidak boleh berkerumun," kata Erwin saat dikonfirmasi detikcom, Minggu malam.

Erwin mengatakan, tiga orang anggotanya dari Koramil Garut Kota langsung meluncur ke lokasi. Setibanya di lokasi, tiga prajurit TNI tersebut kaget saat melihat seorang perempuan terkapar di trotoar.

Tak ada satupun warga yang berani menolong perempuan malang tersebut. Pasalnya, diduga perempuan tersebut merupakan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

"Ternyata kerumunan warga tersebut tengah melihat seorang wanita yang diduga gangguan jiwa hendak melahirkan," katanya.

Aparat kemudian hendak mengevakuasi wanita itu ke rumah sakit. Namun, sebelum petugas medis datang, wanita tersebut melahirkan di pinggir jalan.

"Anggota yang ada di lapangan berinisiatif untuk menolong ibu ini. Dia melahirkan di pinggir jalan. Ibu dan bayi perempuannya selamat," ucap Erwin.

Setelah itu, ibu dan bayi kemudian dievakuasi ke rumah sakit karena kondisi sang ibu yang mengkhawatirkan. Erwin menambahkan, pihaknya langsung berkoordinasi dengan polisi dan dinas terkait. Erwin mengapresiasi langkah cepat prajuritnya yang membantu persalinan ibu itu.

"Untuk pasien dan bayi sekarang dirawat di Rumah Sakit Guntur," tutup Erwin.

(mso/mso)