Unak Anik Jabar

Masjid Agung Sang Cipta Rasa, Bukti Cinta Sunan Gunung Jati kepada Istri

Sudirman Wamad - detikNews
Jumat, 01 Mei 2020 04:20 WIB
Masjid Agung Sang Cipta Rasa
Masjid Agung Cipta Rasa. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon -

Masjid Agung Sang Cipta Rasa salah satu peninggalan sejarah di Kota Cirebon, Jawa Barat, yang ikonik. Masjid Agung Cipta Rasa menjadi bukti salah satu siar Islam di tanah Jawa.

Selain saksi bisu penyebaran Islam pada zaman Wali Sanga, rupanya Masjid Agung Sang Cipta Rasa juga menjadi romansa Sunan Gunung Jati. Menurut papan pemberitahuan yang ada di depan Masjid Agung Sang Cipta Rasa, masjid tersebut dibangun pada tahun 1480.

Saat itu Sunan Gunung Jati telah mempersunting Nyi Mas Pakungwati. Masjid Agung Sang Cipta Rasa merupakan aktualisasi rasa cinta Sunan Gunung Jati atau Syekh Maulana Syarif Hidayatullah kepada istrinya. Ya, Masjid Agung Sang Cipta Rasa merupakan hadiah bagi Nyi Mas Pakungwati.

"Pembangunan masjid ini inisiatif Sunan Gunung Jati untuk istrinya, Nyi Mas Pakung Wati, intinya sih hadiah buat istrinya," kata Moh Ismail salah seorang pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Agung Sang Cipta Rasa kepada detikcom, Kamis (30/4).

Pengurus masjid yang juga seorang muazin azan pitu atau azan tujuh di Masjid Agung Sang Cipta Rasa itu mengaku tak banyak literatur yang menjelaskan secara detil pembangunan masjid. Namun, menurut Ismail, masjid tersebut dibangun sekitar tahun 1840.

Ismail mengungkapkan sebagian masjid masih orisinal. Seperti tiang-tiang penyangga yang terbuat dari kayu. Ukurannya besar, berwarna cokelat.

Bangunan masjid dibagi menjadi dua, ruang utama dan serambi. Untuk masuk ke ruang utama, jemaah atau pengunjung harus menundukkan kepala. Sebab, pintu masuk ke ruang utama dibuat begitu kecil.

Selanjutnya
Halaman
1 2