Soal Bansos Pemprov Jabar, Wagub Uu: Jangan Berteriak di Medsos

Yudha Maulana - detikNews
Rabu, 29 Apr 2020 11:06 WIB
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum (Foto: Mukhlis Dinillah/detikcom)
Bandung -

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum berharap tak ada lagi penolakan bantuan sosial (bansos) dari pemerintah yang akan diberikan kepada warga. Ia pun meminta agar aparat desa/kelurahan, bisa menyampaikan koreksi atau masukkan secara prosedural, dan tak berkoar di media sosial.

"Jangan berteriak-teriak di media sosial. Kalaupun ada masukan atau koreksi, sampaikan kepada kami lewat pak camat dulu atau lewat pak bupati dulu," kata Uu dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Rabu (29/4/2020).

"Karena seharusnya kan aparat pemerintah di bawah itu bisa mendinginkan masyarakat juga. Harus bisa menjadi pemimpin yang bijaksana," kata politisi asal Tasikmalaya itu melanjutkan.

Menurut Uu, Pemprov Jabar memberikan bansos berdasarkan data yang berasal dari kabupaten dan kota, dengan sumber awal data berasal dari RT dan RW yang kemudian disampaikan ke kelurahan atau desa serta kecamatan.

"Artinya bagi mereka yang belum mendapat bantuan dari periode sebelumnya, bisa diajukan. Tidak usah marah-marah, tidak usah mengusir petugas. Pemerintah ini berusaha semaksimal mungkin untuk tepat sasaran, tetapi untuk tepat sasaran ini harus memakai jalur (pemerintahan) yang ada di bawah," kata Uu.

"Dan yang menganalisa layak dan tidaknya yang mendapat bantuan adalah (aparat pemerintahan) yang ada di bawah. Dan sekali lagi bukan hanya bantuan dari provinsi yang ada tapi ada saluran bantuan lain," ia menambahkan.

Selanjutnya
Halaman
1 2