PSBB Hari Kedua, Walkot Bandung: Masyarakat Sudah Paham

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Kamis, 23 Apr 2020 15:52 WIB
Walkot Bandung Oded M Danial
Foto: Wali Kota Bandung Oded M Danial di Mapolrestabes Bandung (Dony Indra Ramadhan/detikcom).
Bandung -

Pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Kota Bandung memasuki hari kedua. Wali Kota Bandung Oded M Danial menilai PSBB hari kedua masyarakat mulai memahami kondisi di lapangan.

"Alhamdulillah, dari laporan di lapangan, kalau kemarin masih banyak yang tidak memakai masker, sekarang sudah mulai teman-teman di lapangan selain memberikan arahan kepada masyarakat yang tidak memakai masker juga memberikan masker kepada mereka dan saya kira kita sudah mulai paham, masyarakat," ucap Oded saat ditemui di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Kamis (23/4/2020).

Pelaksanaan PSBB di Kota Bandung sendiri akan berlangsung selama dua pekan hingga 6 Mei 2020 mendatang. Oded berharap semakin hari warga Kota Bandung semakin memahami dan tertib saat PSBB berlangsung.

"Harapan saya dengan PSBB ini sehari, kedua dan ketiga itu masyarakat semakin paham," kata dia.

Dalam PSBB hari kedua ini, petugas di lapangan bertindak tegas. Beberapa pengendara roda dua yang kedapatan berboncengan diminta putar balik.

Oded mengaku aturan tersebut memang sudah ada dalam Perwal Nomor 14 tahun 2020 tentang pelaksanaan PSBB. Selain itu, pelarangan boncengan juga merujuk pada anjuran WHO.

"Kita di Perwal-nya sudah ditetapkan adalah kita tidak boleh ada boncengan karena, kita lebih mengedepankan pada prinsip SOP kesehatan. Kita kan intinya social dan physical distancing kan. Kalau masih ada yang boncengan repot," ujarnya.

(dir/mso)