Jelang PSBB, Bupati Sumedang Ingatkan Warga Agar Tak Mudik

Muhamad Rizal - detikNews
Senin, 20 Apr 2020 17:31 WIB
Poster
Foto: Ilustrasi Corona (Edi Wahyono/detikcom).
Sumedang -

Menjelang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Bupati Sumedang Dony Ahmad mengimbau masyarakat yang berada di luar daerah khususnya yang berada di wilayah zona merah agar tidak pulang kampung untuk sementara waktu.

"Jadi mohon bagi masyarakat Sumedang yang berada di luar daerah tepatnya di wilayah zona merah untuk tidak mudik dan kita pun akan melakukan pemeriksaan secara ketat dengan PSBB ini, supaya akan mencegah orang masuk ke Sumedang yang mudik intinya tidak sembarang orang bisa masuk wilayah Sumedang," kata Dony kepada detikcom, Senin (20/4/2020).

Dony menyatakan akan melakukan pengecekan secara ketat kepada warga yang datang ke Sumedang. Pihaknya juga akan melakukan rapid test kepada para pemudik yang datang.

"Jika memang memaksakan diri, kita akan check dulu kepentingannya apa dan kami akan diperketat betul penjagaannya. Kalau bisa di rapid test terlebih dahulu dan alatnya sudah siap dan kalo ternyata dia suhu tubuhnya tinggi dan sebagainya nanti malah bukan mudik namanya kalo akhirnya kami masukin ke tempat isolasi, kalau memang ternyata dia sakit atau rapid test positif misalnya," katanya.

Lebih lanjut, kata Dony, meski hasil rapi test negatif para pemudik tetap harus menjalani isolasi mandiri. Pasalnya para pemudik akan masuk sebagai orang dalam pemantauan (ODP).

"Melakukan cara ketat dengan PSBB ini supaya mencegah orang masuk ke Sumedang yang mudik. Intinya tidak sembarang orang bisa masuk wilayah Sumedang. Nah jadi nanti mereka kalaupun masuk ternyata lolos, selama 14 hari mereka harus jadi ODP dan harus melakukan isolasi mandiri. Akan dipantau oleh kita," ucap Dony.

Dia kembali mengingatkan agar warga di luar Sumedang untuk tidak mudik untuk sementara waktu. Hal itu dilakukan demi mencegah penyebaran virus Corona.

"Kalo memang sayang sama keluarganya yang di Sumedang jangan mudiklah. Ditunda dululah mudiknya karena kondisi seperti ini jangan mudik dulu jika sayang pada keluarganya kalaupun rindu bisa pakai video call atau sebagainya untuk mengurangi rasa rindunya," ujar Dony.

Evaluasi PSBB, Ini Perintah Jokowi ke Semua Daerah:

(mso/mso)