ATM Beras di Cirebon Disiapkan untuk Warga Terdampak Corona

Sudirman Wamad - detikNews
Jumat, 17 Apr 2020 13:25 WIB
ATM Beras di Cirebon
ATM beras disiapkan Polresta Cirebon untu warga terdampak Corona. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon -

Polresta Cirebon memiliki cara tersendiri untuk membantu masyarakat kecil atau pekerja harian yang terdampak virus corona atau COVID-19. Pihaknya menyiapkan mesin ATM yang dapat mengeluarkan beras.

"Kita gunakan ATM beras salah satu upaya Polresta Cirebon membantu meringankan beban masyarakat, khususnya pekerja informal atau harian. Karena pendapatan mereka berkurang akibat dampak COVID-19," kata Kapolresta Cirebon Kombes Pol M Syahduddi kepada detikcom di Mapolresta Cirebon, Kabupaten Cirebon, Jabar, Jumat (17/4/2020).

Menurut Syahduddi, menerangkan penggunaan ATM beras selaras dengan program pemerintah tentang social dan physical distancing. Mesin ATM beras itu dioperasikan melalui kartu.

"Kartu itu kita bagikan masyarakat yang membutuhkan. Kemudian, masyarakat yang mendapatkan kartu itu tinggal antre dan menempelkan kartu ke ATM, beras nanti keluar sendiri dari ATM," ucap Syahduddi.

Pantauan detikcom, petugas mengatur jarak antrean masyarakat yang hendak mengambil bantuan beras melalui mesin ATM. Tak hanya itu, sebelum menempelkan kartu, masyarakat diwajibkan untuk mencuci tangan, menggunakan masker, dan lainnya.

Syahduddi menerangkan sumber pendanaan pengadaan bantuan beras itu berasal dari anggota Polresta Cirebon. "Ini sumber anggarannya dari anggota yang menyisihkan penghasilannya," ucapnya.