Polisi Selidiki Coretan Bersimbol Anarko di Cimahi

Whisnu Pradana - detikNews
Kamis, 16 Apr 2020 15:27 WIB
Coretan di tembok atau vandalisme pada ruang publik dengan tulisan huruf A di dalam lingkaran yang menjadi simbol milik kelompok Anarko mulai muncul di Kota Cimahi.
Foto: Whisnu Pradana/detikcom
Cimahi -

Coretan di tembok atau vandalisme pada ruang publik dengan tulisan huruf A di dalam lingkaran yang menjadi simbol milik kelompok anarko mulai muncul di Kota Cimahi.

Tulisan yang berbunyi 'F*ck CoronA' itu ditemukan di tembok pembatas wilayah di Jalan Sisingamangaraja, tepat di belakang Cimahi Mall, Kota Cimahi.

Saat dimintai konfirmasi, Kasat Intelijen dan Keamanan Polres Cimahi AKP Saifullah mengatakan masih terlalu dini menyebutkan pelaku vandalisme di Kota Cimahi itu merupakan kelompok anarko atau simpatisannya.

"Coretan itu memang ada dan sudah dicek oleh anggota Sat Intelkam Polres Cimahi. Tapi belum ada indikasi mengarah ke sana (kelompok anarko), masih perlu adanya pendalaman yang matang," ujar Saifullah saat dihubungi, Kamis (16/4/2020).


Kendati demikian, pihaknya tetap akan melakukan pengawasan terkait potensi munculnya aksi vandalisme lain dengan ciri khas kelompok anarko, dengan tujuan memperkeruh kondisi keamanan di Cimahi di tengah pandemi COVID-19.

"Ya kami dari pihak kepolisian tetap melakukan deteksi potensi kerawanan kamtibmas dengan melaksanakan kegiatan preemtif dan preventif, termasuk potensi aksi vandalisme lainnya," jelasnya.


Coretan dengan huruf A, yang menjadi ciri khas kelompok anarko, belum ditemukan di titik lain di Kota Cimahi. Namun hal tersebut berpotensi mengundang simpati anak-anak yang akhirnya bisa menjadi simpatisan kelompok tersebut.

"Mudah-mudahan tidak ada lagi dan bukan dibuat oleh kelompok tersebut. Intinya, kami akan awasi," tegasnya.

(ern/ern)