Pandemi Corona

Asyik! Ada Posko Makan Siang Gratis di Gedung Pakuan Bandung

Yudha Maulana - detikNews
Selasa, 14 Apr 2020 11:02 WIB
Makan gratis di Gedung Pakuan
Suasana pembagian makanan gratis di Gedung Pakuan (Foto: dok. Istimewa)
Bandung -

Sebanyak 500 porsi makan siang dan masker gratis disediakan di Pintu Barat Gedung Pakuan, Kota Bandung, hingga pandemi COVID-19 ini berakhir. Hidangan tersebut diperuntukkan bagi warga yang membutuhkan dan pengemudi ojek daring (online) atau akrab disebut ojol.

Ketua Umum Jabar Bergerak Atalia Praratya mengatakan pembagian makanan gratis tersebut diharapkan bisa membantu masyarakat yang kesulitan secara ekonomi, imbas wabah virus Corona.

"Saat ini banyak bantuan juga kepada kami di Jabar Bergerak yang kami kelola untuk dibagikan lagi ke masyarakat. Maka kami terbuka bagi siapa pun yang ingin menyumbang apa pun bentuknya," kata Atalia dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Selasa (14/4/2020).

Ia menginstruksikan kepada ketua PKK kabupaten/kota untuk membuat dapur umum di setiap kantor desa atau kelurahan yang wilayahnya menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

"Termasuk di masa PSBB nanti kita juga akan menyediakan dapur-dapur umum di kantor kelurahan dan desa oleh PKK se-Jabar. Ini dalam rangka memberikan makanan kepada mereka yang kesusahan," ucapnya.

Sementara itu, Muhammad Rizal (29), seorang pengemudi ojek online, mengaku terbantu karena usahanya sedang mengalami penurunan. Ia berharap posko makanan gratis ini bisa diperbanyak keberadaannya, karena dikhawatirkan banyak rekannya sesama tukang ojek yang belum menerima bantuan.

"Penghasilan turun drastis, kadang sehari hanya dapat lima orderan paling banyak, yang biasanya sampai 20-an orderan," ujarnya.

(yum/mso)