Semangat Disabilitas di Cimahi Buat Masker untuk Tangkal Corona

Whisnu Pradana - detikNews
Senin, 13 Apr 2020 19:14 WIB
Penyandang disabiltas buat masker.
Foto: Sejumlah penyandang disabilitas di Kota Cimahi membuat masker kain (Whisnu Pradana/detikcom).
Cimahi -

Keterbatasan fisik tidak menjadi rintangan bagi anak-anak penyandang disabilitas di lingkungan Dinas Sosial Jawa Barat untuk ikut berkontribusi menekan penyebaran virus Corona.

Meskipun menyandang tuna wicara, tuna rungu, tuna daksa, serta keterbelakangan intelektual, namun anak-anak disabilitas tersebut mampu menghasilkan produk nyata berupa masker yang bisa digunakan masyarakat selama pandemi COVID-19 ini.

Salah satunya Muhammad Ikhlas. Ia mengalami kondisi fisik yang lain dengan orang kebanyakan. Setiap harinya, ia mesti beraktivitas di atas kursi roda.

Bersama 24 orang temannya sesama penyandang disabilitas, ia mampu menghasilkan produk masker dari bahan kain yang dibuat secara manual, mulai dari pola, menjahit, hingga pengepakan.

"Iya saya dengan teman-teman disini membuat masker untuk masyarakat. Semoga hasil masker yang kami buat ini bermanfaat untul semuanya," kata Muhammad Ikhlas saat ditemui di sela kegiatan membuat masker di Dinsos Jabar, Jalan Amir Machmud Kota Cimahi, Senin (13/4/2020).

Ia sendiri berperan untuk melakukan pengecekan kualitas jahitan masker, pembersihan dan pengepakan. Tugasnya dilaksanalan dengan sangat baik, tanpa terlihat kesulitan sama sekali.

"Kalau saya sudah mahir pengecekan dan membungkus. Kalau yang jahit tugas teman-teman saya," ceritanya sambil terbata-bata.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2