Pernyataan Lengkap Ridwan Kamil soal PSBB di Bodebek

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Minggu, 12 Apr 2020 18:31 WIB
Ridwan Kamil
Foto: Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Dokumentasi Pemprov Jabar).

Terkahir dari saya, adalah PSBB di Jabar ini akan ada tiga tahap.

1. Tahap pertama adalah tadi, Depok Bogor, Bogor, Bekasi, Bekasi.

2. PSBB kedua adalah Bandung Raya. Jadi kami sedang mempersiapkan surat, kajian data karena ada lompatan di Bandung Raya di Kota Bandung, Cimahi, KBB Kabipaten Bandung, Sumedang maka itu adalah PSBB

3. Dan yang ketiga, jika dibutuhkan. Kira-kira begitu.

Saya tutup dengan semangat bahwa penyakit COVID 19 ini ada tiga benteng pertahanan. Pertama benteng pencegahan, social distancing di situ, PSBB di situ, ini mudah dilakukan tapi juga susah jika kita tidak taat dan disiplin. Kalau jebol benteng pertama karena tidak disiplin masuklah benteng kedua pelacakan. Dengan pelacakan kita tahu di mana klaster-klaster penyebaran virus. kalau pelacakan gagal dan jebol baru benteng terakhir yang kita punya yaitu benteng perawatan terhadap mereka yang sakit. Saya berharap warga Jawa Barat jangan sampai COVID 19 ini langsung membobol benteng pertama, kedua langsung lompat ke benteng ke tiga di mana orang-orang sakit ini menjadi banyak dan kapasitas kita menjadi terbatas dan akhirnya kita mengalami kerepotan.

Kalau tidak ada halangan menurut hitungan, kalau PSBB ini lancar harusnya akhir Juni tren turun COVID 19. Tapi kalau tidak disiplin di PSBB kita khawatir COVID 19 masih berlanjut di bulan-bulan berikutnya yang melelahkan.

Saya juga mengimbau kepada TNI Polri untuk memberikan tindakan tegas kepada provokator-provokator selama PSBB ini baik provokator dengan berita bohong di medsos maupun vandalisme mengajak anarkis itu juga sudah dilakukan tindakan-tindakan tegas. Mudah2-mudahan dengan kekompakan, kebersamaan dengan ketaatan Insya Allah kita pasti menang melawan COVID-19 ini.


(dir/mso)