Pandemi Corona, Aparat Patroli Berskala Besar di Bandung Raya

Yudha Maulana - detikNews
Sabtu, 11 Apr 2020 19:32 WIB
Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Foto: Ilustrasi pandemi Corona. (Fauzan Kamil/detikcom)
Bandung -

Polda Jabar melaksanakan patroli berskala besar dalam rangka percepatan penanganan virus Corona atau COVID-19. Patroli berlangsung selama tiga hari atau terhitung 10-12 April 2020, tepatnya guna antisipasi kamtibmas hari libur peringatan Isa Almasih dan libur akhir pekan di tengah pandemi.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Erlangga Saptono mengatakan patroli tersebut merupakan salah satu bentuk ketegasan polri dalam memutus mata rantai virus Corona, di samping dalam rangka menjaga stabilitas kamtibmas di wilayah Bandung Raya.

"Penguatan (patroli) yang dilakukan seperti semalam adalah untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat, sekaligus menjadi upaya Polri dalam memutus mata rantai COVID-19," kata Erlangga saat dikonfirmasi detikcom, Sabtu (11/4/2020).

Patroli berskala besar tersebut juga diikuti oleh aparat gabungan dari tim Dishub Jabar, Satpol PP dan Dinkes Jabar. Ia mengatakan, operasi tersebut lebih bersifat imbauan atau persuasif kepada warga. Lokasinya antara lain Terminal Leuwipanjang, Tegallega, Terminal Cicaheum, Alun-alun Bandung, Gasibu, Alun-alun Ujungberung, Bundaran Cibiru, Terminal Cileunyi, dan Jatinangor.

"Untuk memutus mata rantai (COVID-19) tersebut kita melaksanakan patroli, kemudian pembubaran dan bila diperlukan mengambil penegakan hukum," ucap Erlangga.

Ia menambahkan, patroli berskala besar ini tak hanya dilakukan di Kota Bandung. "Setelah Kota Bandung, patrol skala besar akan kami lakukan juga di wilayah hukum Polda Jabar," ujar Erlangga.

(yum/bbn)