Pandemi Corona

Polda Jabar Jamin Tak Ada Blokade di Jalur Distribusi Sembako

Yudha Maulana - detikNews
Sabtu, 11 Apr 2020 14:40 WIB
Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Foto: Ilustrasi pandemi Corona. (Fauzan Kamil/detikcom)
Bandung -

Polda Jabar siap mengawal kendaraan yang mengangkut sembilan bahan pokok (sembako) secara gratis. Hal itu dilakukan untuk memperlancar distribusi kebutuhan pangan di masa pandemi virus Corona.

"Kami jamin tidak akan ada blokade di jalan untuk distribusi sembako, itu instruksi dari kapolri," ujar Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Erlangga Saptono saat dihubungi detikcom, Sabtu (11/4/2020).

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Idhan Azis melalui surat telegram nomor ST/1148/IV/OPS.2/2020 tertanggal 9 April menyampaikan tiga instruksi. Di antaranya menjamin tidak adanya blokade yang menghambat distribusi sembako dan kebutuhan masyarakat lainnya, menjamin dan menjaga serta mengawal langsung oleh Sabhara maupun lantas pada jalur distribusi.

Kemudian melaksanakan secara tegas dan menerapkan kebijakan jaga jarak (physical distancing), dan dalam pelaksanaannya agar menghindari tindakan kontra produktif seperti arogansi, dan lain sebagainya.

Terkait kebijakan ini, menurut Erlangga, sebenarnya pernah disampaikan dalam forum pimpinan daerah Jabar. Pihak Polda Jabar siap mengawal sembako dan kebutuhan pokok penting masyarakat lainnya saat wabah Corona.

"Kapolda dan kita siap memberikan pengawalan gratis," ucap Erlangga menegaskan.

(yum/bbn)