Tingkat Kematian Pasien Corona di Jabar Dekati 10 Persen, Ini Kata Dinkes

Yudha Maulana - detikNews
Kamis, 09 Apr 2020 16:39 WIB
ilustrasi corona
Foto: ilustrasi Corona
Bandung -

Persentase kematian dengan keterangan terpapar COVID-19 di Jawa Barat mendekati angka 10 persen. Dari 366 warga Jabar yang terinfeksi, 35 orang di antaranya meninggal dunia.

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat Berli Hamdani mengatakan rata-rata pasien COVID-19 yang meninggal dunia disertai dengan penyakit penyerta atau comorbid. Ia tak merinci berapa banyak pasien dengan comorbid yang meninggal, tapi virus Corona menggerogoti daya tahan tubuh.

"Infeksi COVID-19 membuat daya tahan tubuh semakin buruk dan menyebabkan berbagai komplikasi atau malah multi-infection," kata Berli saat dihubungi, Kamis (9/4/2020).

Terkait jenis penyakit penyerta yang menambah fatalitas COVID-19, Berli mengatakan hal tersebut hanya diketahui oleh dokter atau perawat yang menangani pasien tersebut.

"Secara pasti saya tidak bisa jawab, karena yang mengetahui penyebab kematian pasien adalah dokter yang merawatnya. Kami hanya melakukan pemantauan," katanya.

Direktur Perencanaan Organisasi dan Umum RSHS Bandung M Kamaruzaman menuturkan pasien yang terinfeksi positif dan meninggal dunia sebagian besar berusia di atas 50 tahun.

Selain itu, para pasien tersebut memiliki penyakit penyerta atau penyakit kronis. Dari data yang diperolehnya, yang kerap diderita adalah hipertensi dan diabetes melitus.

"Kebanyakan mereka berusia di atas 50 tahun dan memiliki penyakit penyerta atau penyakit kronis. Paling banyak berdasarkan data adalah hipertensi dan diabetes," kata dia.

Terlepas dari itu, Kamaruzaman mengimbau agar warga yang berada di lokasi pemakaman tak menolak jenazah yang terinfeksi COVID-19.

"Kepada warga yang berada di sekitar TPU pemakaman bahwa korban jenazah COVID-19 tidak mungkin akan menulari lingkungan karena kami sudah melakukan prosedur standar yang ketat sesuai dengan yang ditetapkan oleh WHO," ujarnya.

Positif Corona Naik 337 Kasus, Warga Diminta Lebih Disiplin & Patuh!:

(yum/mso)