Sampel Swab Test COVID-19 Bodebek Bakal Diperiksa di Lab IPB

Yudha Maulana - detikNews
Kamis, 09 Apr 2020 16:08 WIB
Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Foto: Ilustrasi pandemi Corona. (Fauzan Kamil/detikcom)
Bandung -

Balai Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Jabar mempersiapkan laboratorium satelit bersama Institut Pertanian Bogor (IPB). Lab satelit ini, nantinya akan dikhususkan untuk menangani sampel swab berkaitan virus Corona atau COVID-19 dari wilayah Bogor, Depok dan Bekasi (Bodebek).

"Laboratorium tersebut milik IPB dan selama ini sebagai pusat lab penelitian IPB. Jadi sudah beroperasi termasuk untuk meneliti virus," ujar Kepala Dinas Kesehatan Jabar Berli Hamdani saat dihubungi detikcom, Kamis (9/4/2020).

Ia menjelaskan lab tersebut sudah dilengkapi fasilitas mesin polymerase chain reaction (PCR). Sedianya, menurut Berli, fasilitas di lab satelit sudah memadai, hanya penambahan fungsi sebagai saja sebagai laboratorium untuk memeriksa swab COVID-19 untuk Bodebek.

"Surat legalitasnya masih dalam proses di Kemenkes RI, iya nantinya untuk Bodebek, karena sifatnya hanya membantu saja," kata Berli.

Sementara itu, penerimaan sampel di Labkesda Jabar yang berada di Kota Bandung membeludak. Labkesda ini memiliki kemampuan tes sampel hingga 96 sampel dari suspect COVID-19 per harinya.

Update Corona di RI: 3.293 Positif, 252 Sembuh, 280 Meninggal: