Pemkot Bandung Gencarkan RW Siaga COVID-19

Wisma Putra - detikNews
Kamis, 09 Apr 2020 09:43 WIB
RW Siaga COVID-19 di Bandung
Spanduk imbauan soal COVID-19 terpasang di salah satu gang yang ada di Kelurahan Cibadak, Kecamatan Astana Anyar, Kota Bandung. (Wisma Putra/detikcom)
Bandung -

Pemkot Bandung menggencarkan Rukun Warga (RW) Siaga COVID-19 untuk mencegah dan memutus penyebaran virus Corona. RW Siaga COVID-19 ini bertugas memberikan sosialisasi dan edukasi terkait virus Corona kepada masyarakat.

"Sekarang di masyarakat ada semacam RW Siaga," kata Oded di Balai Kota Bandung, Kamis (9/4/2020).

Selain sosialisasi dan edukasi, kata Oded, guna mengantisipasi penyebaran virus Corona yang semakin masif ini, akses ke setiap RW dibatasi. Jalan masuk ke suatu permukiman dipantau ketat.

"Tadinya itu ada pintu masuk tiga sampai empat, sekarang dibikin satu atau dua. Dengan dilengkapi alat kesehatan yang memadai," ujar Oded.

Selain itu, dengan adanya Gugus Tugas Forkompimda Kota Bandung, pihaknya terus menggandeng aparat kewilayahan untuk tidak henti melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat untuk persoalan COVID-19.

"Saya berupaya terus melibatkan unsur-unsur kewilayahan, termasuk saya sudah koordinasi dengan RT-RW, lurah, dan camat. "Mudah-mudahan gugus tugas bisa melaksanakan tugasnya sesuai fungsinya. Dengan adanya gugus tugas ini juga, penanganan corona di Kota Bandung lebih optimal," tutur Oded.

(wip/bbn)