Longsor Tutup Jalur Penghubung Sumedang-Subang

Muhamad Rizal - detikNews
Senin, 06 Apr 2020 20:40 WIB
Longsor di Sumedang
Foto: Petugas bersihkan material longsor di Sumedang (Istimewa).
Sumedang -

Longsor menutup jalur alternatif Sumedang-Subang tepatnya di Dusu Cipari, Desa Sukamaju. Akibatnya kendaraan roda empat dan dua tidak bisa melintasi jalur tersebut.

Kepala BPBD Kabupaten Sumedang Ayi Rusmana mengatakan longsor terjadi pada Senin (6/4/2020) sekitar pukul 14.00 WIB. "Hujan dengan intensitas tinggi yg mengakibatkan air hujan terus mengguyur masuk ke retakan yg sudah ada di tebing dan ambruk," kata Ayi kepada detikcom, Senin (6/4/2020).

"Lebar longsoran sekitar 10 meter, tinggi longsoran 15 meter dan panjangan longsoran kurang lebih 20 meter, sehingga menutup akses jalan alternatif Sumedang-Subang, dari kejadian ini jalan tidak dapat dilalui oleh kendaraan roda dua dan roda empat," tambah Ayi.

Upaya yang dilakukan saat ini, kata Ayi, tim Pusdalops BPBD Sumedang dibantu dengan TNI, Polri, SatPol PP Kecamatan Rancakalong dan warga membersihkan material lumpur yang menutupi Jalan.

"Melakukan pembersihan material longsor dengan Peralatan seadanya ditambah dua Unit Damkar Kota dan Tanjursari," ucapnya.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, hanya saja mengakibatkan terputusnya jalan penghubung atau Jalan Provinsi Sumedang-Subang akibat tertimbun material longsoran.

(mso/mso)