Di Rumah Saja, Bulog Jabar Jamin Stok Beras Aman hingga Akhir Tahun

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 03 Apr 2020 16:51 WIB
Pekerja mengangkut beras di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta, Selasa (31/3/2020). Perum Bulog pastikan stok beras mencukupi untuk mengatasi kebutuhan lonjakan pangan dalam kondisi tidak terduga, sekaligus dalam menyambut Ramadan dan Idul Fitri. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/nz
Stok beras (Foto: ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)
Bandung -

Stok beras di Jawa Barat dipastikan aman meski saat ini tengah dilanda Pandemi Corona. Total stok beras untuk memenuhi kebutuhan warga mencapai 300 ribu ton.

"Untuk stok beras saat ini aman jumlahnya hampir 300 ribu ton," ucap Kepala Bulog Divre Jabar Benhur Ngkaimi kepada detikcom, Jumat (3/4/2020).

Benhur memastikan stok beras ratusan ribu ton di gudang Bulog itu dapat bisa mencukupi warga Jabar hingga akhir tahun Bahkan dalam waktu dekat juga stok akan ada penambahan seiring musim panen.

"Jumlah itu bisa sampai akhir tahun. Apalagi Jawa Tengah sudah panen, kita (Jabar) akhir April atau Mei juga panen," tuturnya.

Untuk harga eceran tertinggi (HET) sambung Benhur, untuk beras medium seharga Rp 9.460 per kilo sementara premium Rp 12.800.

Benhur menambahkan dengan stok yang melimpah ini, dia memastikan tak ada spekulan yang berani menaikkan harga meski saat ini situasinya Pandemi Corona.

"Tidak mungkin ada kenaikan harga, karena stok kita banyak aman pokoknya, kalau ada yang naikin harga, saya bisa intervensi pasar besar-besaran, selama ini para spekulan tidak akan berani kalau melihat Bulog-nya siap," kata dia.

TNI dan ACT Operasi Bersama Distribusikan 1.000 Ton Beras Gratis:

(dir/mud)