600 Warga KBB Isolasi Diri Usai Merantau dari Jakarta-Tangerang

Whisnu Pradana - detikNews
Jumat, 03 Apr 2020 14:05 WIB
Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Foto: Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Bandung Barat -

Adanya imbauan dari pemerintah untuk tidak dulu mudik di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19 tak menyurutkan niat masyarakat untuk tetap kembali ke kampung halaman. Tercatat 600 warga Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, mengisolasi diri usai merantau dari Jakarta dan Tangerang.

Camat Gununghalu, Hari Mustika, mengatakan ratusan pemudik dari kota-kota besar itu tiba di Gununghalu sekitar sepekan yang lalu. Angka itu berdasarkan pendataan perangkat desa dari laporan RT dan RW setempat.

"Betul ada 600 orang lebih yang baru pulang dari Jakarta, Bandung, Tangerang, dan daerah lainnya. Mereka ada yang kerja di pabrik atau kuli bangunan. Mungkin karena diliburkan dan tidak ada pekerjaan lagi akhirnya mereka pulang," ujar Hari saat dihubungi, Jumat (3/4/2020).

Hari menyebutkan setelah tiba di kampungnya masing-masing, para pemudik itu diwajibkan langsung melakukan isolasi mandiri serta menerapkan physical dan social distancing.

"Setelah sampai di sini, mereka langsung melakukan isolasi mandiri dipantau sama RT, RW, dan perangkat desa. Alhamdulillah selama seminggu ini tidak ada yang menunjukkan gejala Coronavirus," ucap Hari.

Jokowi: Pemudik dari Jabodetabek Berstatus ODP Corona:

Selanjutnya
Halaman
1 2