Aa Gym Minta Warga Tak Tolak Pemakaman Jenazah Covid-19

Yudha Maulana - detikNews
Jumat, 03 Apr 2020 12:20 WIB
detikcom melakukan wawancara khusus dengan Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym di Masjid Istiqlal, Jakarta, Minggu (8/4/2018).
Aa Gym (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Bandung -

KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym merasa prihatin dengan penolakan pemakaman jenazah yang terpapar virus Corona atau Covid-19 oleh warga di sejumlah daerah. Ia meminta masyarakat tidak menolak pemakaman jenazah Covid-19.

"Bisa dibayangkan pedihnya keluarga, sudah wafat tidak bisa dekat, tidak bisa mengurus jenazah dengan baik, lalu masyarakat bersikap seperti ini," ucap Aa Gym, Jumat (3/4/2020).

Pendapatnya, penolakan itu mungkin terjadi karena ketidaktahuan atau minimnya informasi yang diterima warga terkait Covid-19, khususnya protokol pemulasaraan jenazah. Ia meminta agar warga tidak memberikan stigma negatif kepada jenazah Covid-19.

Aa Gym telah berkonsultasi dengan dokter yang menangani pasien yang terinfeksi virus. Dari informasi yang dihimpunnya, selama prosedur penanganan jenazah sesuai protokol kesehatan yang benar dan tepat, tidak akan menimbulkan persoalan.

"Kalau prosedur pengelolaan jenazah itu sudah standar dengan WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) dan juga sesuai dengan standar syariat islam, itu benar-benar sudah aman," kata Aa Gym.

"Jadi, sebetulnya tidak ada alasan bagi kita semua masyarakat untuk menolak dikuburkannya jenazah yang wafat karena Covid ini sepanjang sudah sesuai dengan prosedur protokol pengelolaan jenazah, baik secara syariat maupun standar kesehatan," ucapnya.

Jenazah Pasien Covid-19 Ditolak Warga, PBNU Angkat Bicara:

Selanjutnya
Halaman
1 2