Laboratorium IPB Sudah Siap Uji Sampel Covid-19

ADVERTISEMENT

Laboratorium IPB Sudah Siap Uji Sampel Covid-19

M. Sholihin - detikNews
Rabu, 01 Apr 2020 18:57 WIB
Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Foto: Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Bogor -

Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) University Arif Satria mengatakan laboratorium milik IPB sudah siap untuk melakukan pengujian sampel swab virus Corona (Covid-19). Laboratorium milik IPB ini mengklaim mampu melakukan uji terhadap 120-180 sampel dalam seminggu sehingga dapat mengurangi beban laboratorium kesehatan milik Kemenkes RI dan Pemprov Jabar.

"IPB secara teknis sudah siap. Sekarang sedang menunggu reagen dan kit," kata Arif Satria kepada detikcom, Rabu (1/4/2020).

IPB berharap dengan beroperasinya uji laboratorium di IPB dapat membantu beban laboratorium kesehatan milik Kemenkes di Jakarta dan Pemprov Jawa Barat di Bandung dalam menangani kasus Covid-19. "Insyaallah dengan beroperasinya uji lab di IPB akan membantu beban Jakarta dan Bandung dalam uji lab, yang kini antreannya cukup panjang," ucap Arif.

Ia menyebut IPB mampu menguji untuk 120-180 sampel per minggunya. "Agar validasinya baik ialah 60 sampel per minggu untuk satu mesin RT PCR. Kalau IPB bisa menjalankan dua mesin, insyaallah bisa 120 sampel per minggu," tutur Arif.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT