Tinjau Banjir di Kabupaten Bandung, Ini Pesan Ridwan Kamil ke Pengungsi

Muhammad Iqbal - detikNews
Rabu, 01 Apr 2020 16:34 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Foto: Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Muhammad Iqbal/detikcom).
Kabupaten Bandung -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau lokasi banjir yang terjadi Kecamatan Baleendah dan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung. Dia sempat mengunjungi beberapa lokasi pengungsian yakni di Cikarees, Dayeuhkolot, Ingkanas Baleendah dan Masjid Ash-Shopia Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung.

Dalam kunjungannya itu dia mengingatkan warga yang ada di lokasi pengungsian untuk tetap menerapkan social distancing demi mencegah penyebaran virus Corona. Menurutnya perlu ada perhatian terkait hal itu demi mencegah penyebaran virus Corona.

"Yang lansia dipisahkan, diberi kamar khusus, diberi masker juga, dan dalam proses pengungsian dikasih jarak antar keluarga," kata Kang Emil, Rabu (1/4/2020).

Dia juga berencana ada 500 pengungsi yang akan menjalani rapid test. Hal itu diberikan agar menghindari penyebaran virus Corona di pengungsian.

"Kemudian pada zona-zona yg perlu diwaspadai kami sudah menyiapkan rapid test juga kepada pengungsi. Supaya kita bisa monitor agar memastikan situasi aman kembali," ujar Emil.

Sementara itu, terkait penanganan banjir masih ada beberapa hal yang menjadi kendala. Mulai dari belum selesainya proyek sodetan Cisangkuy dan proyek danau danau retensi.

"Curug Jompong sudah dimaksimalkan. Ini hanya bisa dikurangi apabila Sungai Cisangkuy selesai," kata Kang Emil saat mengunjungi posko pengungsian, di Kecamatan Dayeuhkolot, Rabu (1/4/2020).

Ia menargetkan proyek Sodetan Cisangkuy akan selesai pada akhir tahun ini. Dia menilai proyek tersebut mampu mengurangi dampak banjir seperti Terowongan Nanjung yang awal tahun lalu baru diresmikan.

"Menunggu Sodetan Cisangkuy dan danau retensi baru di Andir yg masih dalam proses konstruksi," ujar Emil.

(mso/mso)