Pulang ke Cianjur, 138 Santri Ponpes Lirboyo Jalani Isolasi Mandiri

Ismet Selamet - detikNews
Rabu, 01 Apr 2020 13:50 WIB
Ratusan santri Lirboyo asal Cianjur akan isolasi mandiri
Ratusan santri Lirboyo asal Cianjur akan isolasi mandiri (Foto: Istimewa)
Cianjur -

Sebanyak 138 santri asal Kabupaten Cianjur di Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur, dipulangkan, Rabu (1/4/2020). Rencananya mereka menjalani isolasi mandiri di rumah dengan pemantauan berkala petugas kesehatan di puskesmas.

Para santri yang dibawa menggunakan bus itu tiba di Cianjur sekitar pukul 11.30 WIB. Namun, sebelum dipulangkan ke rumah masing-masing, mereka menjalani pemeriksaan kesehatan di restoran area Haurwangi di perbatasan Cianjur-Kabupaten Bandung Barat.

Begitu tiba di rest area, santri Cianjur langsung diarahkan ke petugas khusus dari Dinas Kesehatan untuk menjalani pemeriksaan, mulai suhu tubuh, pengisian form riwayat kegiatan dan gejala penyakit, hingga pemeriksaan kesehatan lainnya.

Sementara itu, barang bawaan santri yang diturunkan dari bus langsung disemprot cairan disinfektan.

Kabid Pelayanan Kesehatan Frida Laila Yahya mengatakan total santri yang diperiksa 150 orang, 139 santri merupakan asal Cianjur, sedangkan sisanya berasal dari Sukabumi dan Bogor.

"Semuanya sudah diperiksa, dan alhamdulillah tidak ada yang menunjukkan gejala penyakit. Semuanya dalam keadaan sehat," ujar dia kepada detikcom, Rabu (1/4/2020).

Meski dalam keadaan sehat, 138 santri dari 24 kecamatan di Kabupaten Cianjur akan menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing. Nantinya petugas dari puskesmas akan rutin melakukan pemeriksaan dan dibantu petugas dari desa hingga tingkat RT dan RW untuk pemantauan.

KSP: PSBB Pilihan Paling Rasional Untuk Penanganan Covid-19:

Selanjutnya
Halaman
1 2