Efek Corona, 31 Ribu Penumpang Kereta di Bandung Batalkan Perjalanan

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Selasa, 31 Mar 2020 13:29 WIB
ilustrasi corona
(Foto: ilustrasi corona)
Bandung -

PT Kereta Api Indonesia (KAI) membatalkan sejumlah perjalanan kereta api dari dan menuju Bandung. Total 31 ribu tiket kereta api dibatalkan selama bulan Maret.

"Kebijakan pengurangan daya angkut Kereta Api penumpang tersebut, menyebabkan sejumlah pembatalan. Secara total terhitung sejak tanggal 1 hingga 29 Maret sekitar 31 ribu tiket," ucap Manajer Humas PT KAI Daop 2 Bandung Noxy Citrea dalam keterangannya, Selasa (31/3/2020).

Menurut Noxy pembatalan tersebut dilakukan untuk perjalanan kereta api 90 hari ke depan. Pembatalan dilakukan melalui loket stasiun dan melalui online.

"Pembatalan tiket dengan pengembalian bea 100 persen juga berlaku bagi calon penumpang KA yang memiliki jadwal keberangkatan pada masa tanggap darurat Corona, yaitu 23 Maret-29 Mei 2020," ujarnya.

PT KAI Daop 2 sendiri membuat kebijakan pembatalan perjalanan kereta api. Pada bulan Maret, total ada 16 perjalanan kereta yang dibatalkan. Sementara periode bulan April, ada 37 perjalanan yang dibatalkan baik kereta jarak jauh hingga lokal.

Pembatalan tersebut dilakukan berkaitan dengan pencegahan penyebaran Corona. Termasuk imbauan pemerintah untuk membatasi mobilitas masyarakat.

Noxy menambahkan bagi masyarakat yang akan membatalkan tiket, bisa dilakukan baik menggunakan loket di stasiun maupun via online. Dia menyarankan agar masyarakat menggunakan online untuk pembatalan.

"Guna mempermudah proses pembatalan tiket KA, kami sarankan agar penumpang yang ingin membatalkan tiket dapat memanfaatkan aplikasi KAI Acces. Karena lebih mudah dan tidak perlu datang ke loket stasiun. Beli tiket dimanapun, misalkan pembelian melalui stasiun atau channel penjualan resmi lainnya, calon penumpang tetap bisa melakukan pembatalan di aplikasi KAI Access," katanya.

(dir/mud)