Sejumlah Pohon di Sukabumi Tumbang Diterjang Hujan dan Angin Kencang

Syahdan Alamsyah - detikNews
Minggu, 29 Mar 2020 20:25 WIB
Pohon tumbang di Sukabumi
Foto: Pohon tumbang tutup jalan di Sukabumi (Syadan Alamsyah/detikcom).
Sukabumi -

Hujan disertai angin kencang melanda sebagian wilayah Kabupaten Sukabumi mengakibatkan pohon di sejumlah titik tumbang. Kemacetan sempat terjadi akibat kejadian itu, beruntung petugas gabungan segera melakukan evakuasi material batang pohon tersebut.

Lokasi pohon tumbang berada di jalur Warungkiara mengakibatkan tertutupnya akses jalan utama yang menghubungkan Desa Sukamulya (Cikembang) ke arah Palabuhanratu.

"Ada 4 titik yang tumbang ke jalan, belum diketahui yang (menimpa) ke rumah. Evakuasi mulai jam 14.00 sampai sekitar pukul 17.00 WIB, pakai gergaji mesin dan alat berat untuk mendorong batang pohon," kata Ahmad, anggota BPBD Kabupaten Sukabumi, Minggu (29/3/2020).

Sementara itu, S Lail (25) salah seorang pengguna jalan menyebut peristiwa tumbangnya pohon sempat mengganggu perjalanan. Motor, mobil dan angkutan umum sempat tertahan.

"Naik angkutan umum, saat tiba di Gunungkarang antara perbatasan Cibadak-Cikemba macet. Lalu saya coba turun dari angkot ternyata ada tiga pohon Mahoni berukuran besar tumbang dan menutup akses jalan," tuturnya.

Beruntung tidak lama, aparat TNI, BPBD dan kepolisian dibantu warga sekitar datang dan melakukan evakuasi dengan memotong batang pohon tersebut.

"Ya kurang lebih beberapa jam mereka evakuasi memotong batang yang menutupi akses jalur tersebut. Tadi juga terpaksa harus jalan kaki lumayan jauh karena mencari angkutan umum menyambung kembali untuk pulang ke rumah," ujarnya.

(mso/mso)