3 Bus Datang dari Jakarta ke Ciamis, 109 Orang Harus Isolasi Mandiri

Dadang Hermansyah - detikNews
Sabtu, 28 Mar 2020 17:10 WIB
Bus dari Jakarta Tiba di Ciamis Terkait Corona
Petugas memeriksa penumpang dari Jakarta yang tiba di Ciamis. (Foto: istimewa)
Ciamis -

Meski ada imbauan untuk tak pulang kampung dalam mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19, tercatat ada tiga bus asal Jakarta yang membawa 109 penumpang tiba di kawasan Sukadana, Ciamis, Jawa Barat, Sabtu (28/3/2020) siang. Jakarta merupakan zona merah Corona.

Petugas dari tim Gugus Tugas Kecamatan Sukadana dan Puskesmas Sukadana langsung melakukan screening. Status 109 penumpang tersebut kini menjadi Orang Tanpa Gejala (OTG) yang harus isolasi mandiri.

Kepala Dinas Kesehatan Ciamis Yoyo mengatakan pihaknya mendapat informasi tiga bus yang eksodus dari sebuah pabrik kosmetik di Jakarta pulang ke Kecamatan Sukadana. Pihaknya langsung melakukan antisipasi.

"Kita telah melakukan pendataan dan kontak mereka supaya bisa follow up kondisi perkembangan kesehatannya. Mereka kondisinya tanpa gejala, jadi ditetapkan sebagai OTG," ujar Yoyo di Pusat Informasi Covid-19 Ciamis.

Tim Gugus Tugas juga memberikan peralatan isolasi mandiri dengan memakai masker selama 14 hari. Mereka tidak boleh kemana-mana, bila perlu di rumahnya terpisah. "Manakala ada gejala, tim dari puskesmas akan turun memeriksa yang bersangkutan. Mudah mudahan pola ini dipahami dan diharapkan mereka diaplikasikan," ujar Yoyo.

Pemkab Wonogiri Screening 21 Ribu Pemudik dari Jakarta:

Selanjutnya
Halaman
1 2