Efek Corona, Wedding Organizer di Cianjur Tunda Sejumlah Resepsi

Ismet Selamet - detikNews
Jumat, 27 Mar 2020 18:29 WIB
Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
(Foto: Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Cianjur -

Pengusaha jasa penyelenggara pernikahan atau weeding organizer (WO) di Kabupaten Cianjur harus menunda sejumlah agenda resepsi pernikahan. Mengingat, keluarnya imbauan untuk tidak menggelar kegiatan yang mengundang banyak massa di tengah wabah Covid-19.

Owner WO Juragan Hajat, Putri Pravitasari, mengatakan, ada tiga agenda resepsi pernikahan calon pasangan pengantin yang akan digelar dalam waktu dekat namun kemungkinan bakal ditunda.

"Di antaranya di April dan Mei, kemungkinan ditunda untuk resepsinya. Karena kan ada imbauan untuk tidak menggelar kegiatan dan mengundang keramaian dengan massa yang banyak," kata dia kepada detik.com saat dihubungi melalui telepon seluler, Jumat (27/3/2020).

Jika pun tetap digelar pernikahan, pasangan calon pengantin hanya melaksanakan akad.

"Seperti yang di akhir pekan lalu, ada tiga pasangan nikah juga yang menggunakan jasa kita. Tapi yang awalnya akad dan resepsi, jadinya hanya akad sedangkan resepsinya ditunda hingga situasi kembali normal," ujar dia.

Meski tidak sampai mengalami kerugian karena resepsi pernikahan ditunda, pihak WO harus bekerja ekstra untuk berkomunikasi dengan calon pasangan pengantin serta vendor.

"Untungnya dari vendor dan calon pengantin mengerti, sehingga tidak ada masalah. Hanya kita harus bekerja ekstra terus berkomunikasi. Dan jadi beban juga ketika ada uang dari calon pengantin yang dititip hingga nanti pelaksanaan resepsi, karena kan ditundanya hingga waktu yang belum bisa ditentukan," kata dia.

Kapolres Cianjur, AKBP Juang Andi Priyanto, mengimbau agar masyarakat tidak dulu menggelar kegiatan yang melibatkan banyak massa, termasuk pernikahan.

"Ini sebagai langkah antisipasi ditengah merebaknya Covid-19. Apapun bentuk kegiatan yang menimbulkan kerumunan massa ditunda dulu," kata dia.

Bahkan beberapa hari lalu, kepolisian sempat membubarkan kegiatan resepsi pernikahan di Desa Campakawarna, Kecamatan Campakamulya Kabupaten Cianjur.

Kapolsek Campaka AKP Tio, mengatakan, pihaknya sudah melakukan imbauan namun masyarakat tetap membandel dan menggelar resepsi tersebut. Tetapi setelah diingatkan dan diminta untuk dihentikan, pihak pengantin menyetujuinya.

"Sebenarnya mereka sudah tahu, karena kami mengimbau sejak awal pekan lalu. Makanya begitu dapat informasi jika ada yang menggelar resepsi dan ada kerumunan massa, petugas langsung ke lokasi untuk menghentikan dan membubarkannya," kata dia.

(mud/mud)