Tulis Surat ke Jokowi, Pasien Positif Corona di Cirebon Ungkap Kegelisahan

Sudirman Wamad - detikNews
Jumat, 27 Mar 2020 15:05 WIB
Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
(Foto: Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Cirebon -

Seorang pasien positif terinfeksi virus Corona yang diisolasi di Rumah Sakit Daerah (RSD) Gunung Jati Kota Cirebon menulis surat terbuka untuk Presiden Jokowi. Apa isinya?

Pasien berinisial RRP itu menuliskan surat terbuka yang diposting pada akun sosial medianya. Surat terbuka itu berisi tentang kritik untuk pemerintah terkait penanganan corona, seperti lamanya hasil swab, pemangkasan birokrasi, dan lainnya.

Surat terbuka dari kamar isolasi RSD Gunung Jati Cirebon itu viral di media sosial. Ribuan kali dibagikan pengguna lainnya. Tulisan yang dibuat dengan rasa khawatir itu bertujuan untuk menggugah pemerintah.

detikcom pun menghubungi RRP. Ia bercerita tentang pertama kali di swab oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kemenkes pada tanggal 9 Maret lalu. Lima hari setelah swab, ia dinyatakan positif.

"14 Maret dinyatakan positif. Sampai sekarang masih diisolasi," kata RRP saat dihubungi detikcom, Jumat (27/3/2020).

RRP bersama tujuh pasien dalam pengawasan (PDP) dirawat di ruang isolasi rumah sakit. Namun, hanya RRP yang dinyatakan positif. Sementara, pasien lainnya masih menunggu hasil swab.

Selama diisolasi, RRP mengaku telah menjalani swab sebanyak lima kali. Swab yang pertama dan kedua hasilnya positif corona.

"Swab ketiga sampai kelima belum ada hasil. Swab terakhir itu tanggal 24 Maret, hasilnya belum keluar. Ada 8 pasien yang diisolasi, dan belum tahu kejelasan hasilnya," kata RRP.

CT Corp Dukung Penyiapan Bangsal Khusus Corona di RS Infeksi Airlangga:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3