Hipmi Jabar: Sebutan ODP dan 'DPO' Polisi Bikin Kader Stres

Yudha Maulana - detikNews
Jumat, 27 Mar 2020 12:43 WIB
Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana positif corona usai hadiri musda Hipmi
Musda Hipmi Jabar dihadiri sejumlah kepala daerah dan juga Gubernur Jabar/Foto: Instagram Humas Kota Bandung
Bandung -

Ketua Umum Pengurus Daerah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jawa Barat Surya Batara Kartika mengakui banyak kader di daerah yang mengalami kerugian material dan imaterial, sejak pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) Musda XIV Hipmi Jabar di Karawang pada 8-11 Maret 2020 lalu.

Kerugian itu dirasakan setelah musda tersebut dianggap sebagai salah satu klaster atau titik penyebaran Covid-19 di Jawa Barat.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun secara tegas menyebut peserta yang hadir dalam acara tersebut sebagai orang dalam pemantauan (ODP) dan akan melibatkan polisi untuk mencari peserta pada Kamis (26/3) kemarin.

"Keluhan para Kader terbaik Hipmi bahwa status 'ODP Dinkes' yang menjadi seolah 'DPO Polres' dinilai menaikkan tingkat stress yang justru membahayakan kesehatan para kader Hipmi ini," ujar Surya dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Jumat (27/3/2020).


Surya mengatakan musda dilaksanakan sebelum pemerintah provinsi mengedarkan surat edaran untuk membatasi kegiatan yang mengumpulkan massa dalam jumlah besar. Dari penelusuran detikcom, Pemprov Jabar sendiri baru mengeluarkan surat edaran tersebut pada 13 Maret 2020.

"Agar semua pihak memahami bahwa penyelenggaraan Musda Karawang tidak mengabaikan status siaga Covid-19 yang ditetapkan pemerintah, musda dilaksanakan sekitar satu minggu sebelum adanya peningkatan kewaspadaan Covid-19 secara umum yang diikuti imbauan self distancing oleh Pemprov DKI Jakarta dan Jabar," kata Surya.

Bahkan sejumlah kepala daerah seperti Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Bupati Karawang Cellica Nurrachdiana, Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana dan Wali Kota Cimahi Ajay M Priatna hadir dalam kegiatan yang dihadiri ratusan orang tersebut.

"Dengan demikian, dapat ditegaskan bahwa Musda Hipmi Jabar ini adalah acara yang legal dengan perizinan yang sesuai prosedur serta pada pelaksanaannya mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak, baik sektor privat, publik maupun pemerintah mulai dari level Pemkab Karawang, Pemprov Jabar hingga Pemerintah Pusat," katanya.

Update Global: Corona Infeksi 413.467 Orang di 196 Negara:


Selanjutnya
Halaman
1 2