Cegah Corona, Pola Besuk Tahanan di Polda Jabar Diubah Jadi Video Call

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 27 Mar 2020 11:57 WIB
Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
(Foto: Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Bandung -

Pola besuk tahanan di rutan Mapolda Jabar diubah seiring meluasnya virus Corona di Indonesia. Keluarga untuk sementara tak bisa bertatap muka langsung dengan tahanan diganti melalui video call.

"Teknisnya yang dulu busa bertemu langsung, untuk menghindari kontak fisik makanya Polda Jabar memfasilitasi dengan video call. Perangkatnya sudah kita siapkan," ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Saptono Erlangga Waskitoroso kepada detikcom, Jumat (27/3/2020).

Erlangga menyatakan perubahan pola besuk tahanan ini dilakukan untuk sementara waktu hingga status tanggap darurat Corona selesai. Menurut dia, pola ini dilakukan sekaligus untuk mencegah penyebaran virus Corona.

"Teknis itu sementara di dalam tanggap darurat Covid kita terapkan perubahan cara teknis besuk. Sehingga kita juga menjaga warga binaan tahanan termasuk keluarganya," tuturnya.

Terkait jam pelaksanananya, sambung Erlangga, disesuaikan dengan jam besuk pada biasanya yakni Selasa dan Kamis. Waktunya mulai pukul 09.00 WIB hingga 15.00 WIB. Untuk durasi video call nantinya akan disesuaikan.

"Tetap sama hari, jam sama. Cuma caranya saja yang dulu bertemu langsung, sekarang kita berikan fasilitas video call," kata dia.

Ada Bilik Uap Disinfektan di Rutan Makassar:

(dir/mud)