Sebuah Wisma di Cimahi Akan Disulap Jadi Fasilitas Isolasi Corona

Whisnu Pradana - detikNews
Rabu, 25 Mar 2020 18:51 WIB
ilustrasi corona
(Foto: ilustrasi corona)
Cimahi -

Sebuah wisma di Lapang Tembak, Gunung Bohong, Kota Cimahi akan disulap menjadi fasilitas isolasi pasien positif Corona. Langkah ini mengantisipasi membludaknya pasien Corona.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Chanifah Listyarini, mengakui gedung yang ada di lapang tersebut akan dijadikan fasilitas isolasi pasien positif Corona.

Namun, pemilihan tempat tersebut sebagai lokasi isolasi atau karantina, merupakan kebijakan langsung dari Pemprov Jabar yang ditindaklanjuti Kodam III Siliwangi.

"Memang betul sedang ada pembuatan tempat isolasi di wisma atau gedung Lapang Tembak, Gunung Bohong. Tapi itu kebijakan provinsi langsung, jadi Dinkes Cimahi hanya mendampingi saja setelah dapat telepon dari Kepala Kesdam," ujar Chanifah saat dihubungi, Rabu (25/3/2020).

Namun saat ini, progres pembuatan fasilitas isolasi baru pada tahap pengecekan dam persiapan menyediakan logistik yang nanti akan dibutuhkan.

Menurutnya, langkah tersebut merupakan antisipasi membludaknya jumlah pasien positif Corona. Hal ini berkaca dari terus bertambahnya jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), bahkan yang positif.

"Itu memang hanya langkah antisipasi. Karena maaf, melihat kondisi di Jakarta yang mengubah wisma atlet jadi tempat isolasi dan di Jabar angka positif terus bertambah, tentu langkah seperti ini harus ditempuh," tuturnya.

Kalau langkah itu tidak dilakukan, kata Chanifah, kapasitas rumah sakit yang jadi rujukan tidak akan muat untuk menampung pasien positif yang perlu isolasi akibat mengidap penyakit penyerta.

"Karena pasien umum juga jangan dilupakan akibat corona ini. Ada yang melahirkan, operasi, atau dirawat. Mereka kan tidak mungkin disingkirkan atau dikesampingkan. Naudzubilah kalau sampai seperti itu. Ini juga jadi langkah tidak mencampurkan pasien positif corona dengan pasien umum," jelasnya.

Pihaknya meminta agar masyarakat untuk tenang dan tidak khawatir. Sebab dari segi keamanan, semua sudah dipersiapkan sesuai standar.

"Protap penyiapan tempat isolasi itu sudah sangat baik, karena mereka tidak sembarangan. Dari mulai menyiapkan ruang isolasi, dapur, dan ruang perawatannya. Untuk sarana dan logistik semua tanggung jawab pihak provinsi," tandasnya.

(mud/mud)