Ridwan Kamil: Ada 7 Orang Positif di Klaster Musda Hipmi Karawang

Yudha Maulana - detikNews
Selasa, 24 Mar 2020 18:00 WIB
Ridwan Kamil bagikan masker gratis
Foto: Yudha Maulana/detikcom
Bandung -

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyatakan yang positif Corona dalam klaster Musda Hipmi di Karawang ada tujuh orang. Ia hanya mengungkapkan dua identitas, yaitu Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana dan Bupati Karawang Cellica Nurrachdiana.

Ia mengatakan tujuh orang yang positif terpapar Corona tersebut ditemukan setelah melakukan tes mandiri atau proactive test di Kota Bandung.

"Jadi kami betul-betul mengambil keputusan yang benar, hasilnya bisa dicek oleh laboratorium kami sendiri selama seminggu ini," ujar pria yang akrab disapa Kang Emil itu di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa (24/3/2020).


Menurutnya, ketujuh orang itu hadir di acara Hipmi pada 9 Maret di Karawang. Ia mengimbau agar para peserta yang ikut dalam musda tersebut melapor ke dinas kesehatan kota dan kabupaten untuk mengikuti rapid test yang sedang dipersiapkan oleh Pemprov.

Sebelumnya, dari hasil perhitungan redaksi, jumlah orang positif Corona di Musda Hipmi ada enam orang, termasuk Bupati Karawang yang baru diumumkan Selasa sore oleh Ridwan Kamil.

Pihak Hipmi sendiri saat diwawancara tadi siang mengkonfirmasi ada lima yang positif, salah satunya Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana. Sementara keempat orang lainnya tidak diungkap.


Namun, berdasarkan informasi yang diperoleh, empat orang positif lainnya adalah staf khusus Gubernur Jabar, mantan anggota DPRD Jabar, dan dua pejabat Pemprov Jabar.

Salah satu pejabat Pemprov Jabar mengakuinya melalui pesan singkat kepada detikcom. "Benar (saya positif)," katanya. Ia mengaku melakukan isolasi diri di rumah.

Sementara itu, tiga orang lainnya dikabarkan diisolasi di RS Hasan Sadikin, Bandung.

(yum/ern)