Geger! Paramedis Pangandaran Pakai Jas Hujan-Helm Tangani ODP Corona

Faizal Amiruddin - detikNews
Selasa, 24 Mar 2020 14:01 WIB
Petugas medis periksa ODP
Foto: Petugas medis di Pangandaran periksa ODP Corona tanpa APD memadai (Istimewa).
Pangandaran -

Minimnya ketersediaan alat pelindung diri (APD) bagi petugas medis masih menjadi kendala serius di daerah. Setelah sejumlah rumah sakit membuat pengumuman permintaan bantuan ke masyarakat, jagat maya di Kabupaten Pangandaran kini ramai oleh foto seorang petugas medis yang memeriksa pasien orang dalam pemantauan (ODP) Corona dengan mengenakan jas hujan dan helm sepeda motor. Foto tersebut tersebar melalui WhatsApp.

Belakangan diketahui petugas medis yang memeriksa ODP dengan mengenakan jas hujan dan helm itu terjadi di Desa Panyutran Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran.

Kepala Puskesmas Padaherang Kabupaten Pangandaran, Suryati membenarkan foto petugas medis yang mengenakan jas hujan dan helm sepeda motor itu terjadi di wilayahnya.

"Ya benar, tapi sudahlah jangan dibesar-besarkan. Nanti pimpinan kami yang akan dapat kesan buruk. Itu sebenarnya akibat kondisi darurat, tak ada APD. Kalau sekarang kami sudah dikirim APD oleh Dinas Kesehatan Pangandaran. Sudah dikirim satu set. Kami juga sudah sedang memesan, untuk persediaan," kata Suryati, Selasa (24/3/2020).

Namun demikian Suryati menjelaskan sekitar 6 hari lalu, salah seorang warga Desa Panyutran Kecamatan Padaherang yang pulang kampung setelah sepekan lebih mencari kerja di Jakarta. Dia pulang dalam keadaan sakit dengan keluhan demam dan batuk.

Pihak Puskesmas lalu memberikan perawatan dengan status orang dalam pemantauan (ODP). "Lokasi rumahnya jauh. Tapi oleh bidan Susi, bidan desa setempat, pasien tersebut setiap hari dipantau," kata Suryati.

Kisah Perawat Covid-19, Minim APD dan Ditolak Keluarga Serta Kawan:

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2