Instruksi Mendagri Buat Pemerintahan Daerah: Tunda Perjalanan ke Luar Negeri!

Yudha Maulana - detikNews
Rabu, 18 Mar 2020 21:46 WIB
Mendagri Tito Karnavian.
Foto: Lisye Sri Rahayu/detikcom
Bandung -

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menginstruksikan pejabat di daerah untuk menunda pelesir ke luar negeri di tengah wabah virus Corona-19 atau Covid-19. Instruksi itu ia sampaikan melalui surat edaran yang telah dikirim ke seluruh pemerintahan daerah.

"Saya sudah mengeluarkan surat edaran, saya telah menginstruksikan pada pemerintahan daerah, beda antara pemerintah daerah dan pemerintahan daerah, pemerintah daerah itu eksekutif, pemerintahan daerah itu plus legislatifnya DPRD baik tingkat satu dan dua agar menunda kegiatan-kegiatan perjalanan ke luar negeri saat ini," ujar Tito di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (18/3/2020).


Tito mengatakan, saat ini 166 negara di dunia dinyatakan terjangkit virus Corona. Jangan sampai, di Tanah Air aman namun akhirnya tertular setelah melakukan pelesir ke negara yang dilabeli travel warning.

"Nah yang lebih repot lagi kalau sudah di sana, beraktivitas kemudian timbul kebijakan lock down di sana, akhirnya enggak bisa pulang. Kalau enggak bisa pulang nanti yang repot masyarakatnya," ujar mantan Kapolri itu.


Sebelumnya, sejumlah pejabat PDAM di Kabupaten Cianjur dilaporkan melancong ke Eropa. Berdasarkan informasi yang dihimpun, pejabat yang berangkat yakni Direktur Utama, Direktur Umum, Kepala Bagian Produksi, Kasubag Kas, dan Staf Produksi.

Awalnya rombongan pejabat PDAM Cianjur akan berangkat umroh pada awal Maret 2020. Namun lantaran akses ke Arab Saudi ditutup, para pejabat itu mengalihkan tujuan ke Eropa.

(yum/ern)