Waspada Corona, Mahasiswa Bidik Misi SBM ITB Dapat Kuota Internet Gratis

Siti Fatimah - detikNews
Selasa, 17 Mar 2020 20:44 WIB
logo itb
(Foto: logo itb)
Bandung -

Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) Institut Teknologi Bandung (ITB) melakukan beberapa persiapan pembelajaran daring. Salah satunya yaitu memberikan kemudahan bagi mahasiswa yang memiliki keterbatasan mengakses internet, seperti mahasiswa Bidik Misi yang mendapatkan subsidi UKT 100 persen.

Wakil Dekan SBM ITB bidang Sumber Daya, Aurik Gustomo menyampaikan bagi mahasiswa Bidik Misi pihaknya akan menyediakan bantuan kuota internet maksimum 15 GB per bulan."Kami tetap bertanggungjawab bahwa pembelajaran daring ini harus mencakup pada semua kelompok mahasiswa, semua mahasiswa mendapat akses sehingga tidak ada kendala dalam pembelajaran," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima pada Selasa, (17/3/2020).

Dia mengatakan, SBM ITB telah menetapkan perkuliahan daring tidak hanya di lakukan untuk mata kuliah saja namun juga mencakup mentoring, kuliah lapangan, seminar kemajuan, bimbingan tugas akhir, tesis, disertasi. Termasuk ujian proposal, ujian proyek akhir, ujian tesis, dan sidang tertutup.

"Kegiatan pembimbingan tugas akhir menggunakan platform bimbingan online di space.sbm.itb.ac.id, email dan platform daring lainnya," katanya.

Sedangkan untuk perkuliahan, pihaknya telah menyiapkan beberapa metode seperti Google Classroom sebagai platform utama. "Bisa juga menggunakan platform pendukung lain untuk pembelajaran yang bersifat synchronous seperti video conference apps atau sosial media," tuturnya.

Aurik menambahkan, video conference juga berlaku untuk ujian proposal, ujian proyek akhir, ujian tesis, sidang tertutup yang sebelumnya telah dikoordinasikan kepada masing-masin program studi.

Senada dengan itu, Wakil Dekan Bidang Akademik Utomo Sarjono juga menjelaskan dalam perubahan metode pengajaran, universitas melakukan workshop Webinar yang telah terlaksana pada Senin, (16/3/2020) kemarin yang bekerja sama dengan Direktorat Pengembangan Pendidikan ITB.

"Sebagai smart campus, para dosen telah dibekali bagaimana metode penyampaian mengajar online atau daring dengan memanfaatkan platform pembelajaran digital," ujarnya.

Pihaknya berkomitmen untuk memfasilitasi sarana dan prasarana di Kampus MBA (Masters of Business Administration) ITB untuk mengajar daring. "Bagi tenaga pengajar yang memiliki kendala akses dan jaringan." Tutupnya.

(mud/mud)