Unak Anik Jabar

Melihat Pabrik Pengolah Kulit Kina Peninggalan Belanda yang Masih Eksis

Whisnu Pradana - detikNews
Selasa, 17 Mar 2020 12:03 WIB
Pabrik Kina di PTPN VIII
Foto: Pabrik Kina di PTPN VIII (Whisnu Pradana/detikcom).
Bandung Barat -

Mewabahnya virus Corona di seluruh dunia, termasuk Indonesia, membuat banyak pihak memutar otak demi menemukan obatnya. Belakangan kandungan klorokuin dalam tanaman kina disebut-sebut mampu menjadi obat Covid-19.

Apalagi setelah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta agar ada penelitian kandungan kina untuk mengobati Covid-19. Di Jawa Barat sendiri, pabrik pengolahan kina hanya ada di PTPN VIII, Cilengkrang, Kabupaten Bandung, yang berbatasan langsung dengan Suntenjaya, Kabupaten Bandung Barat.

Berdiri di atas lahan 708 hektare milik PTPN VIII, kebun dan pabrik pengolahan Kina yang beroperasi sejak tahun 1927 masih bertahan dengan segala sisa kejayaannya.

Foto: Pabrik Kina di PTPN VIII (Whisnu Pradana/detikcom).

Dari luas lahan konsesi 708 hektar, luas lahan yang ditanami kina sekitar 683 hektar. Sisanya ada hutan lindung, bangunan kantor, mes pegawai, akses jalan dan gedung pabrik pengolahan kina.

Akses menuju ke pabrik pengolahan kina pun memerlukan perjuangan. Melalui hutan dengan kondisi jalan berbatu, ditambah dengan tak adanya jaringan komunikasi, membuat banyak orang berpikir dua kali berkunjung dan menjelajah kawasan yang juga berfungsi sebagai agro wisata itu.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2