Ketika Pemain dan Ofisial Persib Bandung Proaktif Tes Corona

Yudha Maulana - detikNews
Senin, 16 Mar 2020 13:45 WIB
Pemain dan ofisial Persib Bandung tes Corona
Pemain dan ofisial Persib Bandung tes Corona (Foto: Yudha Maulana)
Bandung -

Proaktif tes Covid-19 diberikan kepada sejumlah pemain dan pelatih Persib Bandung di Grha Persib, Sulanjana, Kota Bandung, Senin (16/3/2020).

Pantauan detikcom, 10 pemain dan salah seorang dari jajaran pelatih diperiksa oleh tim medis dari Pemprov Jawa Barat. Gubernur Jabar Ridwan Kamil pun turut memantau proses pengambilan sampel rectal swab dari tim Maung Bandung.

"Ini adalah dalam rangka untuk memutus penyebaran virus Corona, karena memang penyebarannya begitu cepat, nah waktu itu saya dan tim Persib berinisiatif untuk melakukan pemeriksaan Corona, apakah terpapar oleh virus Corona atau tidak," ujar Dokter Tim Persib Rafi Ghani di Grha Persib, Sulanjana, Kota Bandung, Senin (16/3/2020).

Rafi mengatakan, proaktif tes kepada pemain dan pelatih ini dilakukan secara bertahap. Sebab, alat untuk melakukan proaktif tes ini masih terbatas ketersediaannya.

"Kita akan lakukan secara bertahap, mudah-mudahan corona ini kita sadar semua supaya putus di rantai penularannya, jadi jangan ada lagi orang yang kena," katanya.

Ridwan Kamil mengatakan, permintaan proaktif tes ini diajukan manajemen Persib. "Kita berikan proaktif tes dengan harapan aman dan tidak ada pemain Persib yang terkena Corona," ujar pria yang akrab disapa Kang Emil itu.

Ia mengakui jika wabah ini sudah merangsek ke dunia lapangan hijau, termasuk di liga-liga di Eropa."Seperti pak dokter sampaikan di Italia, para pemain yang badannya kuat dan imunitasnya yang harusnya paling juara juga bisa terpapar juga," jelas dia.

Menurutnya, Pemprov Jabar sangat sigap dan transparan dalam menyikapi Covid-19. "Sehingga bila ada yang positif, kita tahu apa yang bisa kita lakukan dan bagaimana memblokade penyebaran, termasuk kita juga rilis peta penyebaran," ujar Kang Emil.

(yum/mud)