UNBK Ditunda Gegara Corona, Siswa SMK di Cianjur Surati Ridwan Kamil

Ismet Selamet - detikNews
Senin, 16 Mar 2020 12:15 WIB
Ruangan Ujian SMK IT Nurul Ittihad sepi karena ujian ditunda
Ruangan Ujian SMK IT Nurul Ittihad sepi karena ujian ditunda (Foto: Ismet Selamet/detikcom).
Cianjur -

Sejumlah siswa di SMK IT Itihad Kabupaten Cianjur merasa kecewa Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) ditunda pelaksanannya. Para siswa tersebut akan mengirim surat ke Gubernur Ridwan Kamil dan Plt Bupati Cianjur Herman Suherman karena tidak bisa menjalani UNBK. Padahal mereka mengaku sudah melakukan persiapan sejak jauh hari.

Sekedar informasi, pelaksanaan UNBK seharunya digelar mulai Senin 16 Maret 2020. Namun ujian tersebut terpaksa ditunda setelah Pemprov Jabar dan Pemkab Cianjur memutuskan untuk menghentikan kegiatan belajar mengajar selama dua pekan demi mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Para siswa sedikit kecewa dengan adanya kebijakan tersebut. Melalui sebuah surat para siswa menuliskan ungkapan kekecewaan untuk nantinya dikirmkan ke Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Plt Bupati Cianjur Herman Suherman.

Dalam suratnya, salah seorang siswa menuliskan sebuah pernyataan. "Dengan ini menyatakan selaku siswa/siswi SMK Nurul IT Nurul Ittihad tidak menyetujui tentang apa yang dikemukakan oleh Bpk Ridwan Kamil, tentang diundurkanya UNBK yang seharusnya dilaksanakan pada 16-19 Maret 2020 dan diundur 2 minggu yang akan datang, karena pemberitahuan tersebut terlalu mendadak dan dapat merugikan siswa," tulis siswa dalam sebuah surat.

Nuraidah, salah seorang siswi SMK IT Nurul Ittihad, mengatakan, para siswa membuat surat karena benar-benar kecewa dengan kebijakan yang mendadak.
Sebab, para siswa dari kecamatan Takokak dan Kadupandak tersebut sudah melakukan persiapan hingga harus pergi ke perkotaan Cianjur untuk bisa melaksanakan Ujian Nasional.

"Sudah jauh-jauh, kami datang ke tempat ujian. Karena di sana jaringan susah, makanya ujian dipindah ke sini oleh sekolah. Tapi kami baru sampai dengan harapan bisa mengerjakan UNBK, malah diliburkan secara dadakan. Kalau mau sejak beberapa hari sebelumnya, bukan ketika kami sudah tiba sekarang ditunda," ungkap dia kepada detikcom saat ditemui di kampus 2 Nurul Ittihad di Desa Nagrak Kecamatan Cianjur, Senin (16/3/2020).

Tonton juga Cegah Corona, RK Komunikasi dengan Jajaran Via Telekonferensi :

Selanjutnya
Halaman
1 2