Urban Legend Bandung

Misteri Rumah Kentang dan Cerita Bocah Belanda Masuk Kuali

Yudha Maulana - detikNews
Kamis, 12 Mar 2020 22:37 WIB
Rumah Kentang Bandung
Rumah Kentang yang berada di Jalan Aceh, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Bandung -

Kota Bandung yang dikenal sebagai metropolitan di Jawa Barat, ternyata masih menyimpan misteri di setiap sudutnya. Salah satunya adalah Rumah Kentang yang berada di Jalan Aceh, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat.

Dari mitos yang beredar, konon warga kerap mencium bau kentang saat melintas ke rumah dengan gaya art deco tersebut. Bau kentang tersebut kerap dikaitkan dengan hal mistis. Bahkan, rumornya ada seorang anak kecil berkebangsaan Belanda yang masuk ke kuali kentang.

Anak kecil tersebut meninggal tanpa diketahui, pasalnya orang-orang Belanda tengah berpesta saat itu. Alhasil bau kentang pun menyeruak, sebagai tanda arwah anak kecil tersebut yang penasaran, mengerikan!

Belum lagi mitos lainnya, tentang keberadaan anjing siluman yang kerap berjalan-jalan di sekitar Rumah Kentang tersebut. Menambah kesan angker dari rumah tersebut.

Hujan rintik-rintik mengiringi perjalanan detikcom saat melawat ke Rumah Kentang tersebut pada malam hari, belum lama ini. Kendaraan ramai lalu lalang melewati rumah yang dibangun pada tahun 1907 itu. Lokasinya memang berada di pusat kota.

Bersama dengan Komunitas Aleut, detikcom disambut oleh Pramutadi (60). Ia merupakan penjaga Rumah Kentang tersebut. Setiap harinya Pram, sapaannya, tinggal di sebelah rumah Belanda tersebut.

"Saya mau meluruskan tentang mitos bau kentang itu, memang dulu di Rumah Kentang ini tinggal seorang botani atau ahli tanaman," kata Pram.