Bawaslu Janji Tindak Tegas Kades-PNS soal Dukungan ke Bupati Pandeglang

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Kamis, 05 Mar 2020 14:21 WIB
Kades-PNS di Pandeglang minta warga dukung bupati Irna Narulita dua periode
Kades-PNS di Pandeglang minta warga dukung bupati Irna Narulita dua periode (Foto: Istimewa)
Pandeglang -

Komisioner Bawaslu Pandeglang Karsono mengaku sudah mengetahui beredarnya video dukungan kepala desa, PNS dan warga ke Bupati Irna Narulita jelang Pilkada 2020. Pihaknya berjanji menindak tegas jika ada temuan pelanggaran berkaitan persoalan tersebut.

"Bahwa netralitas PNS dan kepala desa sudah jadi amanat Undang-undang, terkait Pilkada 2020, Bawaslu akan bersikap tegas," kata Karsono selaku Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu kepada detikcom di Pandeglang, Banten, Kamis (5/3/2020).

Bawaslu akan memproses temuan ini sesuai dengan aturan berlaku. Apabila hasil investigasi terjadi pelanggaran etika PNS, pihaknya segera melaporkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (ASN). Selain itu, jika ditemukan unsur pidana, Bawaslu meneruskan pelanggaran ini ke Sentra Gakkumdu.

"Apabila benar (ada pelanggaran), kita laporkan ke Komisi ASN," ujar Karsono.

Bawaslu Pandeglang masih mendalami apakah video tersebut dibuat secara terstruktur dan melibatkan petahana. Jika ternyata melibatkan petahana, Bawaslu bakal memeriksa bupati.

"Dari yang kita lihat, nanti akan kita undang beberapa orang, apakah inisiaif pribadi, atau terstruktur. Nanti kalau dalam proses pendalaman apakah memanggil (bupati) atau tidak, kita akan putuskan di Bawaslu," tutur Karsono.

Selanjutnya
Halaman
1 2