Polisi Tangkap ASN Pemkab Bogor dan Sita Uang Rp 120 Juta

Farhan - detikNews
Rabu, 04 Mar 2020 15:52 WIB
Kasat Reskrim Polres Bogor AKP Benny Cahyadi
Kasat Reskrim Polres Bogor AKP Benny Cahyadi (Foto: Farhan/detikcom)
Bogor -

Polisi menangkap enam orang di kantor Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Bogor, Jalan Tegar Beriman, Cibinong, Jawa Barat. Dari enam orang yang ditangkap, tiga di antaranya merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Bogor.

"Tiga orang swasta dan tiga orang ASN. Diamankan kemarin (Selasa)," kata Kasat Reskrim Polres Bogor AKP Benny Cahyadi di Cibinong, Bogor, Rabu (4/3/2020).

Benny menyebut penangkapan terhadap enam orang tersebut merupakan tindak lanjut dari laporan masyarakat karena diduga terjadinya tindak pidana. Namun, Benny tidak menyebut secara rinci tindak pidana apa yang dilakukan oleh mereka.

"Ini kan ada laporan dari masyarakat, kemudian kita menindaklanjuti. Kemudian kita sinkronkan dengan temuan yang di lapangan. Nanti setelah rampung hasil pemeriksaan akan kita sampaikan (terkait kasusnya). Apakah ada perbuatan melawan hukum atau tidak," ujar Benny.

Dalam penangkapan tersebut, polisi menyita barang bukti berupa dokumen dan uang tunai sebesar Rp 120 juta. "Sampai hari ini kita masih lakukan pemeriksaan. Kita belum bisa menyampaikan apakah barang bukti yang kita amankan apakah ada kaitannya dengan tindak pidana yang kita investigasi atau tidak," kata Benny.

Kini, lanjut Benny, keenam orang yang ditangkap masih berstatus terperiksa. Sebanyak empat orang sudah dipulangkan dan dua orang lainnya yang berstatus sebagai ASN saat ini masih dalam pemeriksaan.

"Empat orang sudah kita pulangkan. Dua orang masih kita periksa, statusnya sebagai ASN, inisialnya IR dan FA," tutur Benny.

(bbn/bbn)