Pemkot Bandung Siapkan Tim Antisipasi Penyebaran Virus Corona

Wisma Putra - detikNews
Senin, 02 Mar 2020 16:21 WIB
Wali Kota Bandung Oded M Danial
Wali Kota Bandung Oded M Danial (Foto: Mochamad Solehudin/detikcom)
Bandung -

Wali Kota Bandung Oded M Danial berencana membentuk tim untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona di wilayahnya. Selain itu, pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan.

"Pertama, saya mengimbau kepada warga Kota Bandung kita harus hati-hati di dalam melaksanakan kehidupan sehari-hari, apalagi kalau sudah masuk di Jawa Barat (Depok)," kata Oded di Pendopo Kota Bandung, Senin (2/3/2020).

Sebagaimana diketahui, pemerintah telah mengumumkan ada dua warga Depok yang dinyatakan positif virus Corona. Dua warga tersebut terjangkit virus mematikan itu diduga usai melakukan kontak dengan warga negara Jepang.

Oded menyatakan akan berupaya melakukan langkah penanganan agar virus Corona tidak menyebar di Kota Bandung. Salah satunya dengan menyiapkan sebuah tim yang fokus untuk mengawasi penyebaran virus tersebut.

"Saya minta pak Sekda (Ema Sumarna) untuk membuat tim menghadapi ini (corona) seperti apa. Karena ini memang tidak bisa dilaksanakan sendiri Pemkot Bandung. Harus terintegrasi dengan dinas atau instansi lain," ucapnya.

Dia menambahkan, dalam waktu dekat akan segera menggelar pertemuan dengan sejumlah pihak termasuk polisi dan TNI. Pertemuan dilakukan untuk membahas penanganan Corona di Kota Bandung.

"Iya termasuk TNI, Polri. Kalau sudah ada begini saya harus koordinasi dengan mereka, nanti dari hasil koordinasi itu kita akan tentukan langkah-langkahnya seperti apa," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menetapkan wilayah Jawa Barat siaga satu virus Corona (COVID-19). Ia meminta warga untuk tetap konsultasi ke rumah sakit utama jika mengalami sakit.

"Iya, kita sekarang posisinya siaga satu di Jabar," kata Emil, sapaannya, di Sentul, Bogor, Senin (2/3/2020).

Temuan Dokter Bedah yang Mengotopsi Jenazah Pasien Virus Corona:

[Gambas:Video 20detik]



(wip/mso)