Serunya Festival Budaya Bauran Cap Golak di Bandung

Siti Fatimah - detikNews
Sabtu, 29 Feb 2020 21:13 WIB
Festival Budaya di Bandung
Festival budaya Bauran Cap Golak di Bandung (Foto: Siti Fatimah/detikcom)
Bandung -

Festival Budaya Bauran Cap Golak kembali digelar dengan tema 'Membumikan Budaya Leluhur Sebagai Identitas Jati Diri Bangsa'. Bauran sendiri memiliki arti berbaur bersama masyarakat desa yang ada disana.

Pegiat Seni Benjang dan Reak yang akrab disapa Abah Enjum menuturkan tahun ini memiliki konsep yang berbeda dari tahun sebelumnya.

"Tahun ini lebih pada edukasi, edukasi tentang kesenian ini diperuntukkan untuk seluruh masyarakat. Apalagi kita mengundang anak-anak Difabel untuk menikmati kesenian yang ada," ujar Bah Enjum saat ditemui pada Sabtu, (29/02/2020).

LDia melanjutkan, budaya yang ditampilkan dari tahun ke tahun tidak jauh dari budaya Sunda dengan Tionghoa. Fungsinya agar terjadi akulturasi dan memberikan pemahaman toleransi berbudaya pada masyarakat setempat. Kehadiran Komunitas Tionghoa Indonesia juga menunjukkan respon positif.

"Komunitas Tionghoa Indonesia hadir, menyambut baik ditambah dengan antusias masyarakat yang begitu besar mudah-mudahan menjadi motivasi meningkatkan rasa toleransi beragama, toleransi etnis dan budaya." ujarnya.

Lokasi diselenggarakan festival ini tidak pernah berubah dari gelaran yang pertama yaitu berlokasi di Jalan Manisi Kampung Jati Pasirbiru Kecamatan Cibiru Kota Bandung.

Selanjutnya
Halaman
1 2