8 Bulan Kerja di Arab Saudi, TKW Bandung Barat Alami Depresi Berat

Whisnu Pradana - detikNews
Rabu, 26 Feb 2020 21:39 WIB
26 TKW Dipulangkan dari Suriah
Foto: Ilustrasi (Pensosbud KBRI Damaskus)
Bandung Barat -

Kulsum (44), seorang TKW asal Kampung Cipadang Manah, RT 01 RW 16, Desa Padalarang, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), mengalami depresi berat setelah 8 bulan bekerja di Arab Saudi. Tidak memiliki bekal kemampuan kerja di luar negeri diduga menjadi penyebabnya.

Saat ini, Kulsum tengah berada di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Cisarua untuk mendapatkan perawatan demi memulihkan kondisi kejiwaannya.

"Iya dia sekarang lagi dirawat di RSJ Cisarua, baru masuk kemarin sore. Karena memang setelah pulang dari Arab itu dia jadi agak linglung," ucap Nunung Samsudin (67), saat ditemui di kediamannya, Rabu (26/2/2020).

Kabar Kulsum yang depresi selama menjadi TKW, kata Nunung, diterima sekitar 2 minggu lalu. Setelah mendapatkan kabar itu, saudara-saudaranya berusaha mencari cara untuk memulangkannya ke tanah air.

"Iya jadi ada yang menghubungi dari Arab, katanya Kulsum depresi sehingga harus dipulangkan. Pihak keluarga langsung menghubungi Disnaker KBB untuk mencari tahu bagaimana cara memulangkan dia," ucapnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2