Unak Anik Jabar

Misteri Suara Gamelan di Situs Pasir Lulumpang Garut

Hakim Ghani - detikNews
Senin, 24 Feb 2020 09:12 WIB
Situs Pasir Lulumpang Garut
Kawasan Situs Pasir Lulumpang di Kabupaten Garut, Jawa Barat. (Foto: Hakim Ghani/detikcom)
Garut -

Situs Pasir Lulumpang di Kabupaten Garut, Jabar, ialah sebuah cagar budaya yang dilindungi. Di balik keindahannya, terdapat cerita mistis yang melegenda di tengah-tengah masyarakat.

Kabupaten Garut memiliki banyak situs bersejarah yang terkenal. Salah satu di antaranya yaitu Situs Pasir Lulumpang yang masuk Kecamatan Banyuresmi, tepatnya di Desa Cimareme.

Situs Pasir Lulumpang merupakan kawasan lahan berpasir berbentuk punden berundak yang diduga peninggalan zaman megalitikum. Keunikan dari situs tersebut yakni adanya batu berukuran besar dengan lubang bulat di tengahnya.

Terdapat tiga unit batu tersebut yang berada di lokasi situs. Berdasarkan informasi yang dihimpun, tadinya terdapat 7 batu berbentuk unik itu. Namun, empat lainnya menghilang karena rusak dan tertutup rumput.

Misteri Suara Gamelan di Situs Pasir Lulumpang GarutKawasan Situs Pasir Lulumpang di Kabupaten Garut, Jawa Barat. (Foto: Hakim Ghani/detikcom)

Di bagian depan situs, terdapat plang yang menyatakan bahwa situs tersebut dilindungi pemerintah. Informasi yang ada di plang tersebut, Situs Pasir Lilumpang dinyatakan cagar budaya sejak tahun 2002 dan ditetapkan oleh Balai Pengelola Kepurbakalaan Sejarah dan Nilai Tradisional Disbudpar Garut.

Situs ini tidak seterkenal situs lainnya. Pasalnya, lokasi situs ini berada di tengah-tengah perkampungan warga kampung setempat.

Selanjutnya
Halaman
1 2