Polisi Tolak Penangguhan Penahanan Raden Rangga, Ini Respons Pengacara

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 21 Feb 2020 10:27 WIB
Raden Rangga Sunda Empire
Foto: Raden Rangga (Baban Gandapurnama/detikcom)
Bandung -

Polisi menolak penangguhan penahanan yang diajukan Raden Rangga Sasana. Pengacara akan cari upaya lain untuk mengeluarkan Rangga dari bui.

"Ya saya belum bisa memberikan komentar terlalu jauh karena saya memang belum tahu. Tapi kalau memang ditolak, itu adalah haknya kepolisian untuk menolak," ucap Misbahul Huda kuasa hukum Rangga saat dihubungi, Jumat (21/2/2020).

Meski tak terlalu mempermasalahkan, Misbahul menyatakan pihaknya akan melakukan upaya lain untuk mengeluarkan Rangga dari penjara. Salah satunya, pihaknya akan menemui penyidik langsung.

"Kalau ditolak tidak ada masalah tapi kami akan melakukan upaya bagaimana klien saya itu bisa ditangguhkan ya. Upaya yang kami lakukan adalah nanti kami akan bertemu langsung Minggu depan dengan penyidiknya bagaimana itu bisa ditolak," kata dia.

Misbahul menyatakan kliennya itu pantas untuk mendapatkan penangguhan. Sebab, sambung dia, pasal yang diterapkan kepada Rangga tidak sesuai.

Rangga sendiri dijerat Pasal 14 dan 15 Undang-undang nomor 1 tahun 1946 tentang penyebaran berita bohong yang menimbulkan keonaran. Dalam kasus ini, selain Rangga ada juga tersangka lain yaitu Nasri Banks selaku Perdana Menteri dan Rd Ratna Ningrum selaku kaisar atau ibunda ratu agung.

"Sebab menurut saya bahwa apa yang dituduhkan dengan pasal itu adalah sangat lemah dan kami menolak terhadap pasal yang dipakai itu," ucap Misbahul.

Rangga mengajukan penangguhan penahanan melalui kuasa hukumnya Misbahul Huda. Penangguhan dilakukan dengan alasan Rangga memiliki wawasan kebangsaan yang perlu disosialisasikan. Namun upaya tersebut ditolak Polda Jabar.

"Penangguhan penahanannya tidak dipenuhi," ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Saptono Erlangga Waskitoroso saat dihubungi, Kamis (20/2/2020).

Simak Video "Pengakuan Rangga dari Balik Jeruji, Masih Jadi Jenderal NATO"

[Gambas:Video 20detik]



(dir/mso)