Reaktivasi KA Cibatu-Garut, Bupati Rudy: Kado Manis Ultah ke-207

Hakim Ghani - detikNews
Rabu, 19 Feb 2020 13:35 WIB
Reaktivasi jalur KA Cibatu-Garut
Uji coba reaktivasi jalur KA Cibatu-Garut (Foto: Hakim Ghani/detikcom)
Garut -

Bupati Garut Rudy Gunawan bersama Dirut PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edi Sukmoro melakukan uji coba jalur KA Cibatu-Garut. Jalur ini segera diresmikan dan siap beroperasi untuk umum.

Uji coba KA Cibatu-Garut dilakukan Rabu (19/2/2020) siang ini. Bupati Rudy dan Edi Sukmoro naik Kereta VVIP Inspeksi dari Stasiun Cibatu, Kecamatan Cibatu, menuju Stasiun Garut, Garut Kota dengan jarak sekitar 19 kilometer.

Wabup Garut Helmi Budiman, Dandim 0611/Garut Letkol Infanteri Erwin Agung ikut dalam rombongan. Selain itu, jajaran petinggi Dirut KAI juga turut bergabung dalam uji coba itu.

Bupati Garut Rudy Gunawan menuturkan, jalur KA Cibatu-Garut akan segera beroperasi untuk umum dalam waktu dekat. Pihaknya sangat berterima kasih pada KAI karena reaktivasi KA Cibatu-Garut disebut Rudy merupakan kado terindah bagi warga Garut yang tengah merayakan hari jadinya yang ke-207.

"Tentunya kami sangat berterima kasih kepada PT KAI. Ini adalah kado manis bagi warga Garut di ulang tahun kami yang ke-207 ini," kata Rudy di Stasiun Garut, Rabu (19/2/2020).

Selain mencoba jalur KA Cibatu-Garut, rombongan juga melakukan pengecekan Stasiun Garut. Menurut Rudy, pihaknya dan PT KAI akan menyulap stasiun Garut menjadi stasiun paling megah di Indonesia.

"Ke depannya akan kami perbaiki dan dipercantik. Untuk sementara stasiun lama akan dioptimalkan dulu," katanya.

Proses uji coba jalur oleh Bupati Garut dan Dirut KAI ini disambut antusias oleh warga Garut. Ratusan pelajar Garut turun ke sekitar jalur kereta dan bersorak saat kereta datang.

"Itu menandakan bahwa masyarakat memang sangat merindukan kereta api hadir di Garut," tutup Rudy.

Sementara itu, Dirut PT KAI Edi Sukmoro berharap dengan dioperasikannya jalur KA tersebut bisa berdampak positif terhadap perekonomian Kabupaten Garut.

"Kami berharap dengan dioperasikannya kembali jalur ini akan bermanfaat bagi perekonomian di Garut yang sejak dulu dikenal akan potensi wisatanya," uajr Edi.

(mso/mso)